Kunci Sederhana Untuk Pengetahuan

Posted on

Kunci Sederhana Untuk Pengetahuan

Pengetahuan tentang kebutuhan dan keinginan pasar Anda adalah kunci agar Anda bisa mendapatkan perhatian dan didengarkan serta dipercaya. Berikut adalah cara untuk memperoleh kata dan frasa paling kuat yang kemudian dapat Anda gunakan dalam pemasaran Anda.

Saya sering merekomendasikan kepada klien bisnis saya bahwa mereka membuat setidaknya tiga ‘wawancara informasi’ di mana mereka mengundang seseorang untuk minum teh atau makan siang dengan maksud mendapatkan pendapat atau saran mereka. Jelaskan bahwa tujuannya bukan untuk meminta uang atau waktu.

Teknik ini berasal dari buku klasik Dale Carnegie, “How to Make Friends and Influence People.” Orang-orang biasanya merasa terhormat untuk diminta nasihat mereka karena itu membuat mereka merasa seperti seorang ahli.

Untuk wawancara Anda, pilih dari yang berikut ini: (a) tipe orang yang Anda inginkan sebagai pelanggan (atau pelanggan / klien sebenarnya); (B) seseorang di lini bisnis yang sama Anda; dan / atau (c) seorang ahli dalam beberapa aspek bisnis Anda.

Mewawancarai seorang ahli kunci (artinya seseorang yang berpengalaman, belum tentu gelar) bisa sangat penting. Saya pernah terlibat dalam pengembangan bisnis berbasis eBay yang didasarkan pada konsep yang hebat. Sekitar satu tahun dalam proyek kami berkonsultasi dengan seorang pria muda yang melakukan semua bisnisnya di eBay. Kami mengundangnya makan siang dan membagikan ide bisnis kami. Dia pikir itu hebat tetapi kemudian membagikan ‘informasi orang dalam’ tentang bagaimana orang benar-benar menawar di eBay dan berapa persen tawaran itu nyata. Pengetahuan baru ini menyebabkan perubahan signifikan dalam perencanaan kami. Akan jauh lebih mahal bagi bisnis untuk menemukan informasi penting ini setelah menginvestasikan ribuan dolar secara tidak benar.

Salah satu klien saya adalah seorang guru Chi Gung yang telah berhasil memproduksi DVD dan buku. Dia telah mengajar begitu lama, namun kegembiraannya memudar. Tentu saja dia tidak suka pemasaran, dan apa pun yang dia tulis tidak akan memiliki ‘jus’ untuk klien atau siswa potensial.

Ketika saya menanyainya tentang apa yang TIDAK membuatnya bergairah dalam pekerjaannya, dia berkata bahwa dia suka mengajar kelas-kelas Chi Gung di simposium dan konferensi karena dia dapat bepergian, bertemu orang-orang yang menarik, dan berbagi hadiahnya dengan kelompok-kelompok baru.

Tugas saya adalah baginya untuk mengejar kecintaan mengajar ini dengan mewawancarai lima hingga sepuluh penyelenggara konferensi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

“Pernahkah kamu melakukan yoga atau Chi Gung atau guru tari di setiap konferensi, dan apa yang berhasil dan tidak berhasil dengan itu?”

“Bagaimana orang seperti saya bisa membuat konferensi Anda luar biasa?”

“Jenis konferensi apa yang akan Anda sarankan agar saya dekati dengan apa yang saya tawarkan?”

“Anda telah melihat dan mendengar banyak umpan balik dari peserta konferensi – apa yang mereka hargai tentang pengalaman seperti yang saya tawarkan?”

“Jika orang dapat dengan cepat meremajakan sambil bersantai dan menjernihkan pikiran mereka, misalnya dalam sesi setengah jam sehari, dapatkah itu menambah pengalaman konferensi mereka?”

Setelah dia mengumpulkan jawaban untuk pertanyaan di atas, niatnya adalah memasarkan jasanya kepada penyelenggara konferensi sehingga dia bisa melakukan apa yang dia sukai dan menjual lebih banyak DVD dan buku.

Pikirkan satu orang – klien atau pakar yang ramah di bidang Anda, dan hubungi mereka. Jelaskan bahwa Anda tidak meminta apa pun selain pendapat mereka – bukan investasi waktu, uang, atau keterlibatan di masa depan.

Katakan sesuatu seperti: “Saya ingin mendapatkan pendapat Anda tentang beberapa hal yang sedang saya kerjakan. Bisakah saya mengajak Anda minum teh atau makan siang?” Sebelum pertemuan, tulis 10 atau 15 pertanyaan kunci yang akan menarik informasi yang dapat meningkatkan layanan, produk, atau pemasaran Anda. Jangan takut untuk memasukkan pertanyaan berani seperti “Apa masalah potensial yang Anda lihat?”

Juga, jangan mencoba untuk ‘menjualnya’ di bisnis Anda. Ingat, Anda di sana bukan untuk membujuk tetapi untuk mendapatkan informasi yang berharga. Namun, dengan mengambil pendekatan sederhana ini, saya memiliki orang-orang yang menawarkan untuk berinvestasi dalam proyek-proyek saya serta memberi saya ide-ide dan referensi hebat!

Catat dengan baik. Kata-kata kunci yang mereka berikan akan membentuk inti dari pemasaran Anda dan bahkan dapat mengubah rencana bisnis Anda. Anda akan menulis salinan yang berwawasan luas dan bijak karena didasarkan pada apa yang mereka katakan kepada Anda adalah penting, dalam kata-kata mereka. Karena pengetahuan orang dalam Anda yang baru, orang-orang di pasar Anda kemudian dapat memberi tahu Anda “Iklan Anda sepertinya ditulis hanya untuk saya!”

Ahli Kunci Surabaya