Biodata, Profil & Fakta Brown Eyed Girls, Menyihir dengan Abracadabra
Biodata, Profil & Fakta Brown Eyed Girls, Menyihir dengan Abracadabra

Biodata, Profil & Fakta Brown Eyed Girls, Menyihir dengan Abracadabra

Posted on

Brown Eyed Girls adalah salah satu grup senior dalam industri musik K-Pop yang debut sejak tahun 2006 dan masih aktif hingga saat ini. Beranggotakan empat orang, grup yang dinaungi oleh Mystic Entertainment ini sempat kontroversial dengan koreografi mereka untuk lagu Abracadabra. Hal ini justru membuat publik mengenal talenta mereka sebagai pelaku musik di Korea Selatan.

1. JeA

Memiliki nama asli Kim Hyo-jin, JeA adalah leader dan vokalis utama Brown Eyed Girls. Ia lahir sebagai kakak dari seorang adik laki-laki pada 18 September 1981. Ia terlibat secara aktif dalam pemilihan anggota sejak awal pembentukan Brown Eyed Girls. Ia dianggap sebagai “ibu” dari grup tersebut.

Nama panggung JeA memiliki arti “suara paling indah”. Hal ini sesuai dengan posisinya sebagai vokalis utama. Ia berpartisipasi sebagai pelatih vokal dalam program Produce 101 musim 1. Album solonya, Just JeA, dirilis pada tahun 2013.

2. Miryo

Miryo alias Jo Mi-Hae mengisi posisi rapper utama Brown Eyed Girls. Lahir pada 2 November 1981, Miryo yang terkenal dengan talentanya di bidang rap ini tidak menamatkan SMA. Ia mengambil GED dan melanjutkan pendidikan di Joongang University.

Miryo dipilih karena sudah memiliki nama sebagai rapper dalam komunitas hip-hop. Ia tergabung dalam grup hip-hop underground Honey Family. Ia menjadi satu-satunya produser wanita di musim pertama program hip-hop bertajuk Show Me The Money. Debut solonya diluncurkan pada tahun 2018 dengan album MIRYO aka JOHONEY yang ia produksi sendiri.

3. Narsha

Nama aslinya adalah Park Hyo-jin. Nama panggung Narsha berasal dari kata “na-reu-sha” yang berarti “terbang tinggi” dalam bahasa Korea. Narsha lahir pada 28 Desember 1981 dan terpilih sebagai anggota BEG karena JeA mengingatnya sebagai penyanyi berbakat pada masa SMA.

Di luar BEG, ia aktif menjadi DJ dalam radio KBS Cool FM Pump up the Volume. Lead vocalist ini juga muncul dalam beberapa drama seperti Lights and Shadows dan Ohlala Couple. Narsha menjadi anggota pertama yang menikah. Ia merilis I’m In Love untuk menandai debut solo pada 1 Juli 2010.

4. Gain

Son Ga-in adalah maknae dengan usia yang terpaut jauh dari anggota lainnya—ia lahir pada 20 September 1987. Gain diundang audisi untuk BEG setelah dieliminasi dari audisi acara populer Let’s Coke Play! Battle Shinhwa!. Ia kemudian mengisi posisi sebagai penari utama, vokalis, sekaligus face of the group dengan dandanan mata ikoniknya.

Gain pernah mengikuti acara We Got Married berpasangan dengan Jo Kwon 2AM. Mereka merilis sebuah lagu berjudul We Fell in Love dan meraih sukses besar. Gain merilis debut solo dengan Irreversible pada bulan Oktober 2010.

Brown Eyed Girls awalnya bernama “Crescendo”, mereka menjalani training selama tiga tahun dan banyak menggelar konser kecil. Debut mereka dengan lagu Come Closer pada 2 Maret 2006 tidak menemui kesuksesan secara komersial, namun album mereka dipuji oleh para kritikus musik.

Popularitas BEG meledak saat mereka merilis lagu Abracadabra. Konsep dewasa yang provokatif ditampilkan oleh BEG dan mengubah imej mereka secara keseluruhan. Meski sempat kontroversial karena gerakan pinggul dalam koreografi mereka, namun tarian tersebut terlanjur viral dan menjadi semacam “tarian nasional” yang banyak ditiru dan dibuatkan parodi.