Insert Cutting Tool

Posted on

Jenis insert cutting tools mempunyai banyak geometri yang tergolong berbeda, karena pada bagian sisipan melingkar akan seringkali digunakan di dalam aplikasi. Misalnya saja seperti pabrik tombol maupun pada putaran alur di bagian jari jari. Ada beberapa jenis yang bisa disesuaikan pada saat ingin menggunakan bagian tepi, yang mana bagian tersebut tidak digunakan.

 

Untuk masing-masing dari sisipan 3 sisi tersebut termasuk pada bentuk trigonal maupun segitiga pada sisi depan segitiga mempunyai bentuk segitiga. Sementara untuk ketiga sisinya sama dengan 3 ujung yang mempunyai sudut 60┬░. Pada insert trigon menjadi tiga sudut yang hampir sama dengan segitiga. Akan tetapi dari segi bentuk segitiga nya telah dimodifikasi.

 

Hal ini pun juga sama seperti pada sisi-sisi sudut tengah maupun pada sisi yang tertekuk. Sementara hal ini akan lebih memungkinkan sudut menjadi lebih tinggi, termasuk pada bagian ujungnya. Dari bentuk sisipan untuk keempat sisinya termasuk persegi, belah ketupat, maupun persegi panjang. Pada sisipan yang lain terdapat empat sisi pada dua sudut yang digunakan supaya bisa menghilangkan material.

 

Sisipan tambahan misalnya seperti pentagon ini mempunyai 5 sisi dengan sudut yang sama. Sedangkan pada bagian sisipan dari segi delapannya mempunyai sisi sebanyak 8. Untuk masing-masing sisipan akan ditentukan pada geometri dan sejumlah tipe dibedakan berdasarkan pada sudut tipenya. Pada bagian ujung sisipan atau sisi memiliki kandungan bagian miring pada bagian ujungnya. Tujuannya yaitu supaya bisa menghasilkan potongan tepi talang atau miring di bagian benda kerja.

 

Secara umum, insert cutting tools akan melekat pada bagian pemegang pemotong frais. Untuk Dogbone menjadi sisipan yang bermata dua pada pusat pemasangan yang lebih sempit. Hal ini sesuai dengan namanya, bahwa untuk fitur pemotongan pada kedua ujungnya cenderung lebih luas. Paa biasanya bagian ini seringkali digunakan sebagai grooving.

 

Spesifikasi insert cutting tools

Sebelum menggunakan insert cutting tools ini, ada baiknya jika Anda mengetahui spesifikasi yang dimiliki oleh alat yang satu ini, diantaranya seperti berikut:

  • Memiliki lingkar yang bertuliskan┬á IC dengan diameter lingkaran yang sepenuhnya bisa disesuaikan pada geometry insert. Karena hal ini secara umum dikategorikan pada ukuran insert itu sendiri.
  • Dapat digunakan pada sebagian besar dari sisipan yang bisa di indeks terkecuali untuk bentuk persegi panjang maupun sisipan jajargenjang. Untuk panjang maupun lebar yang digunakan berbeda.
  • Memiliki radius ketebalan beserta sudut talang yang diberlakukan.
  • Fitur umum yang digunakan pada sisipan pahat bisa berubah seperti unground, dished indexable, dan chipbreaker.
  • Bahan material yang digunakan secara umum terbuat dari butiran mikro, karbida, cermet, CBN, Berlin, baja dengan kecepatan tinggi, PCD, bahkan hingga silikon nitrida.
  • Pada bagian pelapis ini mampu membantu untuk meningkatkan usia pakai dan beban ketahanan aus pada sisipan pahat termasuk pada titanium karbon, nitrida titanium, nitride aluminium, titanium nitrida, Titanium aluminium, aluminium oksida, Zirkonium nitrida, berlian di DLC dan juga kromium nitrida.

 

Untuk insert cutting tools sisipan persegi panjang mempunyai empat sisi dan untuk dua diantaranya cenderung lebih panjang dibandingkan pada dua sisi yang lainnya. Untuk bagian sisipan inilah yang seringkali digunakan pada proses grooving, yang mana untuk mengisi pendeknya berisi pada ujung tombak yang sesungguhnya. Sementara untuk menyimpan belah ketupat maupun jajaran genjang mempunyai empat sisi pada sudut sisi yang digunakan pada clearance untuk titik pemotongan.

Sumber : PT gofir sarana sejahtera