motor listrik soco

Cara dan Biaya ganti Plat Motor Vario

Posted on

Ada beberapa cara atau langkah untuk mengganti plat motor vario yang harus anda ketahui. Dibawah ini akan dijelaskan cara dan biaya ganti plat motor vario secara lengkap.

Dalam kendaraan bermotor ada beberapa administrasi dan perlengkapan yang harus dimiliki oleh setiap pengguna maupun pemiliki seperti BPKB, STNK, plat nomor dan masih banyak lagi. Plat nomor merupakan salah satu kelengkapan yang harus dimiliki oleh kendaraan khususnya motor. Seperti yang anda ketahui plat nomor menunjukan nomor kepemilikan kendaraan beserta waktu pembayaran pajaknya.

Plat nomor biasanya dikeluarkan oleh pihak kepolisian ataupun pejabat pajak kendaraan setempat. Setiap 5 tahun sekali plat nomor haruslah diganti. Biaya ganti plat nomor motor vario dan jenis lainnya disesuaikan dengan pajak kendaraan tersebut. Penasaran bagaikmana cara mengganti plat nomor dan biayanya? Dibawah ini akan diulas secara lengkap.

Cara Dan Biaya Mengganti Plat Nomor Motor Vario Dan Jenis Lainnya

motor listrik soco

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara dan biaya mengganti plat nomor motor vario dan jenis kendaraan lainnya, berdasarkan cara ganti plat motor muamala. Lets check it!

  1. Mendatangai kantor Samsat

Setelah sampai di kantor Samsat daerah setempat anda bisa langsung menuju loket untuk cek fisik motor yang anda miliki. Tidak hanya itu anda juga harus menyerahkan dokumen motor anda seperti STNK dan BPKB. Setelah mengambil nomor antrian tunggu sampai petugas memanggil nama anda. Jika sudah dipanggil oleh petugas anda akan melakukan gesek nomor mesin dan nomor rangka untuk memastikan apakah motor vario yang anda bawa sesuai dengan dokumen yang ada. Lama pengerjaan cek fisik ini sekitar 20 sampai 30 menit menit dan gratis.

  1. Melegalisir hasil cek fisik

Cara dan biaya mengganti plat nomor motor vario yang kedua adalah melegalisir hasil cek fisik. Pada saat melegalisisr hasil cek fisik anda akan diminta mengisi formulir. Isilah dengan data yang lengkap dan benar agar memudahkan verifikasi kendaraan anda. Untuk prosesnya biasanya memakan waktu 10 sampai 20 menit tergantung dengan antrean dan gratis.

  1. Datang ke loket pembayaran dan ambil STNK beserta plat motor baru

Untuk membayar anda harus membawa dokumen cek fisik yang sudah dilegalisir ke loket pembayaran agar mendapatkan STNK dan plat motor baru. Untuk biaya ganti plat motor vario sendiri tidak lebih dari 500.000 rupiah tergantung tipe, tahun keluaran, biaya ganti STNK dan BPKB. Setelah membayar di loket pembayaran, anda akan diarahkan ke tempat pengambilan STNK, BPKB dan plat nomor baru. Plat nomor yang sudah diambil berlaku selama 5 tahun. Namun untuk pajaknya anda harus membayar setiap tahunnya.

Penjelasan diatas mengenai cara dan biaya mengganti plat motor vario yang bisa dijelaskan semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Namun yang perlu diingat setiap daerah memiliki cara dan prosedur berbeda beda untuk mengambil plat nomor baru.