benteng vestenberg
benteng vestenberg

Wisata Benteng Vestenberg Solo

Posted on

Wisata Benteng Vestenberg Solo – Sebagai bekas negara jajahan indonesia mempunyai berbagai peninggalan bersejarah. Salah satunya adalah benteng vestenberg yang terletak di kota solo, lebih tepatnya di wilayah gladak. Benteng ini sekaligus menjadi icon unik yang mampu menarik minat wisatawan lokal maupun manca negara. Pembangunan benteng ini diinisiasi oleh jenderal belanda yang bernama baron van imhoff sebagai basis pertahanan belanda di kota solo. Sekilas jika kita lihat desain arsitektur dari benteng ini terasa sekali ciri khas eropa.

benteng vestenberg
benteng vestenberg

Pada mulanya bangunan ini dibangun sebagai tempat tinggal prajurit belanda yang bertugas di solo. Tugas mereka tidak lain adalah untuk mengawasi pemerintahan keraton solo yang pada kala itu sedang berada di masa jaya. Vestenberg menjadi saksi bisu peristiwa sejarah yang terjadi di solo pada pertengahan 1947 silam. Dimana bangsa belanda bersikeras ingin merebut kembali benteng vestenberg dan kembali menduduki wilayah solo. Pertempuran yang terjadi sangatlah sengit dan meninggalkan korban jiwa yang banyak sekali

Wisata Benteng Vestenberg Solo

Banyak sekali contoh teks cerita sejarah yang membahas berbagai peristiwa terkait vestenberg di kota solo. Di awal kemerdekaan benteng ini sangatlah tertutup dan tidak dibuka untuk umum. Namun pada awal 1980an akhirnya pemerintah meresmikannya menjadi situs peninggalan bersejarah dan membuka tempat wisata disana. Hingga saat ini terbukti benteng vestenberg sangat diminati oleh wisatawan dan menjadi daya tarik tersendiri untuk kota solo.

Bisa dibilang kompleks wisata vestenberg sangatlah luas dan terdiri dari berbagai bangunan. Bangunan pertama merupakan gerbang sekaligus pintu masuk yang ada pada sisi depan dan belakang benteng. Setelahnya kita bisa menemukan tembok tebal tinggi mengelilingi benteng tersebut. Sedangkan didalamnya kita bisa menemukan kompleks dengan fungsi yang berbeda beda satu sama lain.

Kelebihan benteng vestenberg

Benteng dengan arsitektur ala eropa ini tidak hanya cocok dikunjungi oleh wisatawan yang haus akan fotografi saja. Melainkan vestenberg juga direkomendasikan untuk anak sekolah juga karena memiliki filosofi edukasi sejarah. Hal ini pun juga sudah dirumuskan dalam contoh teks cerita sejarah yang kita bahas sebelumnya. Jika kita amati lebih lanjut maka kita juga bisa menemukan sebuah parit yang mengelilingi benteng. Filosofinya tentu saja untuk melindungi benteng dari serangan musuh di kala itu.

Sayangnya tidak semua rumor yang beredar tentang vestenberg positif. Ada juga rumor yang menjelaskan kalau benteng ini sangatlah angker karena dulunya pernah dijadikan sebagai tempat penyiksaan. Kesan angker ini dapat kita temukan ketika menginjak malam hari. Nah apakah anda berani mengunjungi benteng yang satu ini?Untuk bisa melihat pembahasan contoh teks cerita sejarah lainnya silahkan ikuti terus perkembangan blog saya. Terimakasih sudah berkunjung silahkan ajukan pertanyaan lewat kolom komentar.