Beberapa Jenis Musik Populer yang Sering Kita Dengarkan

Posted on

Musik Seni atau yang sering disebut juga sebuah Musik Serius dan musik-musik sejenis adalah sebuah nama dari pengelompokan jenis musik yang tertuju pada sebuah teori dari bentuk musik Klasik Eropa dan sejenis musik etnik lainnya yang di serap atau diambil untuk bentuk dasar dari komposisinya. Ini tentunya Berbeda dengan musik Populer atau musik Masa Kini, Musik jenis ini biasanya tidak lekang oleh waktu, sehingga Musik ini dapat bertahan berabad – abad lamanya. Demikian juga dengan Tokoh-tokoh komponis Indonesia yang menciptakan jenis musik seperti ini.

Musik klasik biasanya merujuk pada sebuah musik klasik Eropa, Namun terkadang juga ada pada musik klasik Persia, India, dan lain-lain. Musik klasik Eropa sendiri terdiri dari beberapa periode jaman, misalkan barok, klasik, dan romantik. Musik klasik memiliki istilah yang sangat luas, Musik Klasik biasanya mengacu pada musik yang berasal dari sebuah tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan juga musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke – 9 hingga ke abad – 21.

Dahulu musik klasik di Eropa digunakan untuk keperluan lagu di Gereja ataupun lagu untuk pengiringan seorang Raja. Seiring dengan perkembangan jaman, mulai juga bermunculan musik klasik yang digunakan untuk beberapa keperluan lain selain keperluan hal 2 tadi tersebut, seperti misalnya musik klasik yang menggambarkan visual secara audio, contohnya lagu Cat and Mouse yang menggambarkan kucing yang mengejar seekor tikus.

Musik populer

Musik populer adalah sebuah jenis musik yang pada saat ini sangat digemari oleh masyarakat awam, dan juga Musik jenis ini merupakan musik yang sesuai dengan keadaan zaman saat ini, sehingga bisa sesuai di telinga kebanyakan orang pada jaman ini. Genre musik ini dapat ditemui di hampir seluruh belahan dunia oleh dikarenakan sifat musiknya yang hampir bisa diterima semua orang. Untuk peralatan music pun seperti gitar, drum, biola, bass, keyboard dan lainnya.

Musik tradisional

Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun dari budaya mereka, Musik Tradisional dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, Namun Juga melainkan dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi suatu sarana komunikasi antara manusia dengan sang penciptanya, hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing sebagian orang saja. Musik tradisional merupakan perbendaharaan seni lokal dari suatu masyarakat. Musik tradisional yang ada di Indonesia, diantaranya adalah gamelan ,angklung dan juga sasando. selain dari musik tradisional yang berasal dari kebudayaan lokal, ada juga terdapat musik tradisional yang berasal dari pengaruh kebudayaan luar diantaranya itu adalah gambang kromong, marawis dan keroncong.