Biodata & Profil WINNER, Tim Pemenang dari YG Entertainment
Biodata & Profil WINNER, Tim Pemenang dari YG Entertainment

Biodata & Profil WINNER, Tim Pemenang dari YG Entertainment

Posted on

WINNER merupakan grup bentukan YG Entertainment melalui program survival WIN: Who Is Next pada tahun 2013. Grup ini pada awalnya beranggotakan lima orang, namun satu anggota keluar pada tahun 2016, menjadikan mereka sebuah grup kuartet. WINNER resmi debut pada 17 Agustus 2014 di Korea Selatan dan pada 10 September 2014 di Jepang.

1. Yoon

Meski jadi anggota termuda, Kang Seung-yoon yang mempunyai nama panggung Yoon ini adalah leader dalam grup WINNER. Lahir sebagai anak tunggal di Busan, Korea Selatan, pada 21 Januari 1994, Yoon juga menempati posisi vokalis utama. Alumni Busan Music and Arts High School ini bergabung dengan YG Entertainment setelah mendapatkan peringkat 4 dalam program TV populer Superstar K2 pada tahun 2010.

Ia sempat debut sebagai penyanyi solo pada tahun 2013 dengan lagu It Rains. Ia juga aktif sebagai aktor drama seperti The Producers, Prison Playbook, dan web drama We Broke Up. Hobi Yoon di antaranya menulis lirik, menggubah musik, dan bermain gitar.

2. Jinu

Jinu adalah nama panggung dari Kim Jin-woo, lead vocalist dan visual grup WINNER. Ia lahir pada 26 September 1991 dan berasal dari Imjado, Korea Selatan. Kedua adiknya adalah perempuan. Jinu menjadi trainee selama lima tahun setelah dibawa oleh Seungri BIG BANG dari akademi musik miliknya. Selain menyanyi, Jinu adalah anggota tetap acara jalan-jalan bertajuk Wizard of Nowhere. Jinu yang alergi bulu kucing ini memelihara dua ekor kucing Sphynx bernama Bay dan Ray.

3. Hoony

Lee Seung-hoon adalah nama asli dari pemilik nama panggung Hoony. Ia lahir pada 11 Januari 1992 di Busan, Korea Selatan, sebagai anak bungsu dengan dua kakak perempuan. Setelah lulus SMA, penari utama WINNER ini pindah ke Seoul dan mengikuti audisi Korea’s Got Talent bersama grup tari Honest Boys. Dia memenangkan peringkat 4 dalam program Kpop Star musim pertama. Ia kemudian bergabung dengan YG Entertainment pada bulan Mei 2012.

4. Mino

Pemilik nama lengkap Song Min-ho adalah rapper utama WINNER yang lahir pada 30 Maret 1992 di Yongin, Korea Selatan. ia juga menjadi face of the group bagi WINNER. Mino mempunyai dua orang adik perempuan, salah satunya debut sebagai anggota grup New F.O. dengan nama Danah.

Alumni Hanlim Arts High School ini adalah mantan underground rapper yang pernah bekerja sama dengan Zico dan P.O dari grup Block B. Awalnya ia akan debut sebagai anggota grup tersebut, namun Mino keluar dan bergabung dengan YG setelah melalui audisi. Mino memiliki ketertarikan di dunia seni dan menggelar pameran seni pertamanya pada tahun 2018 yang bertajuk Gentle Monster X Mino: Burning Planet.

WINNER sudah dinominasikan lebih dari 60 kategori penghargaan dan memenangkan 16 di antaranya. Salah satu lagu mereka yang populer, Really Really, mendapatkan penghargaan Digital Bonsang dari ajang musik bergengsi Golden Disc Awards pada tahun 2018. WINNER juga dinobatkan sebagai Best New Artist of the Year kategori grup laki-laki dari ajang yang sama.