Ternyata Ini Cara Agar Anak Kita Terbiasa Membuang Sampah Pada Tempatnya

Posted on

Saat ini masalah sampah masih menjadi masalah yang sangat kompleks dan tidak mudah dengan begitu saja dapat ditanggulangi. Perlu adanya kerjasama, peraturan yang mengikat, edukasi, dan juga peraturan yang mengikat agar semua ini bisa berjalan dengan baik.

Nah berbicara tentang edukasi, sebaiknya memang sejak masih anak – anak kita sudah mengajarkannya kepada mereka mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke tempat yang bukan seharusnya atau dengan kata lain membuang sampah pada bak sampah fiberglass.

Berikut ini adalah tips cara kita mengajarkan pentingnya mengenai mengelola sampah kepada anak – anak kita. Ini dia :

  1. Beri Contoh

Kita tau bahwa anak – anak itu meniru bagaimana orang dewasa melakukan sesuatu. Maka dari itu, kita sediakan untuk mereka tong sampah di rumah. Dan kita biasakan membuang sampah pada tempatnya.

  1. Manfaatkan internet

Nah ini  juga hal yang bisa kita gunakan yaitu internet. Kita bisa mencari info tentang tata cara pengelolaan sampah, tata cara daur ulang, cara membuat kerajinan dari sampah, dll. Kita bisa memperlihatkan kepada mereka situs – situ seperti itu agar mereka lebih tertarik lagi terhadap pengelolaan sampah.

  1. Pergi ke museum

Ajak anak – anak kita ketempat yang banyak mengedukasi tentang bahaya sampah, banyaknya kerajinan dari sampah, yang mana biasanya berada di museum. Selain kita liburan dengan anak , kita juga bisa sembari mengedukasi kepada mereka.

  1. Ajak kegiatan relawan juga boleh

Mengajak anak untuk terlibat dalam kegiatan relawan tentu sangat bagus. Karena nantinya anak akan melihat langsung bagaimana orang lain juga ikut mengelola sampah. Dan tentu jika kegiatan ini diikuti banyak orang pasti akan lebih mengasyikkan.

Nah itu adalah beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan dan mengedukasi anak kita supaya mereka sudah terbiasa peduli dengan lingkungan.

Dengan begitu, ketika mereka besar nanti, mereka pun sudah sangat mencintai lingkungan, dan sudah tau tindakan apa saja yang harus diambil untuk mengatasi kerusakan lingkungan tersebut.

Ayo….edukasi anak – anakmu mulai dari sekarang.