Profil Member (G)I-dle, Rookie Penuh Talenta dari CUBE
Profil Member (G)I-dle, Rookie Penuh Talenta dari CUBE

Profil Member (G)I-dle, Rookie Penuh Talenta dari CUBE

Posted on

Profil Member (G)I-dle – CUBE mengorbitkan grup multinasional bernama (G)I-dle (baca: Yeoja Aideul) pada tahun 2018 di Korea Selatan. Grup yang terdiri dari anggota warga Korea Selatan, Tiongkok, Thailand, hingga Taiwan ini terdiri dari enam anggota. Meski baru ‘seumur jagung’, grup ini banyak menyita perhatian masyarakat karena bakat yang mereka miliki.

Siapa saja sih, anggotanya? Baca dulu profil dan faktanya berikut ini ya!

1. Miyeon

Miyeon yang memiliki nama lengkap Cho Mi-yeon adalah main vocalist di (G)I-dle. Mantan trainee YG Entertainment ini lahir pada 31 Januari 1997 sebagai anak tunggal. Ayahnya lah yang sudah membuat Miyeon menikmati dan menyukai musik.

Ia seharusnya debut sebagai anggota Blackpink, namun karena beberapa hal ia terpaksa keluar dan akhirnya bergabung dengan CUBE.

Miyeon adalah anggota tertua dalam grup ini. Ia mengikuti audisi untuk menjadi trainee ketika duduk di bangku SMP. Sebagai vokalis utama, Miyeon bisa memainkan alat musik biola dan piano. Tidak hanya itu, Miyeon juga tertarik di bidang penulisan lirik dan penggubahan lagu.

2. Minnie

(G)I-dle memiliki seorang anggota berkebangsaan Thai bernama Minnie Nicha Yontararak. Minnie lahir pada 23 Oktober 1997 dan memiliki sepasang kakak laki-laki kembar. Ia fasih dalam bahasa Thai, Inggris, dan Korea.

Sebagai artis K-Pop dari Thailand, Minnie akrab dengan artis satu agensi yang juga berasal dari Thailand, yaitu CLC Sorn. Ia juga tergabung dalam grup chat yang berisi artis K-Pop asal Thailand, yaitu Bambam Got7, Nickhun 2PM, Sorn CLC, Lisa Blackpink, dan Ten NCT.

Posisinya di (G)I-dle sama seperti Miyeon, yaitu vokalis utama. Minnie juga sempat menulis lagu untuk grupnya.

3. Soojin

Seo Su-jin yang memiliki nama panggung Soojin lahir pada 9 Maret 1998. Ia merupakan penari utama sekaligus lead rapper dan vokalis dalam (G)I-dle. Soojin mempelajari tarian jazz sejak kecil atas saran ibunya.

Ayah Soojin menentang keinginannya untuk menjadi artis idola, namun Soojin membujuknya selama 2 tahun hingga akhirnya diizinkan. Ia menjadi trainee CUBE pada tahun 2016 setelah direkrut pada tahun ketiganya di sekolah.

Soojin pernah debut dalam grup bernama VIVIDIVA pada tahun 2015. Setelah tampi satu kali dengan nama panggung “N.NA”, grup tersebut bubar pada tahun 2016.

4. Soyeon

Nama Soyeon sudah dikenal sebelum ia menjadi anggota (G)I-dle. Bernama lengkap Jeon So-yeon, leader dan center grup ini lahir di Korea pada 26 Agustus 1998.

Ia berpartisipasi dalam acara Produce 101 dan berakhir di peringkat 20. Main rapper dengan kemampuan menyanyi yang tidak kalah mumpuni ini juga mengikuti Unpretty Rapstar 3 dan mendapatkan juara tiga.

Soyeon bergabung dengan CUBE sekitar tahun 2016. Dia debut sebagai artis solo dengan lagu Jelly pada 5 November 2017. Setelah bergabung dengan (G)I-dle, Soyeon sering berpartisipasi dalam menulis dan memproduksi lagu-lagu artis CUBE.

5. Yuqi

Yuqi adalah lead vocalist, lead dancer, dan wajah dari (G)I-dle dengan kewarganegaraan Tiongkok. Ia lahir dengan nama lengkap Song Yu Qi pada 23 September 1999 di Beijing sebagai anak tunggal.

Yuqi mengikuti audisi CUBE pada bulan Oktober 2014 dan diperkenalkan melalui CUBE TREE pada 23 Agustus 2017. Ia bisa memainkan alat musik tradisional guzheng dan pernah menjadi ketua klub street dance di sekolahnya.

6. Shuhua

Anggota (G)I-dle lainnya yang berasal dari luar Korea adalah Shuhua. Shuhua berasal dari Taiwan dan memiliki nama lengkap Yeh Shu-hua. Ia lahir pada 6 Januari 2000, menjadikannya anggota termuda atau maknae.

Shuhua mengikuti audisi CUBE di Taiwan pada tahun 2016, mengikuti teman-temannya yang ingin menjadi artis idola. Ia terinspirasi untuk menjadi artis karena melihat Hyuna. Ia merupakan visual utama grup (G)I-dle dan memiliki hobi di bidang akting.

Lagu debut (G)I-dle yang berjudul Latata berhasil duduk di peringkat 13 tangga lagu Gaon Album Chart pada 10 Mei 2018. Video klip lagu tersebut juga sudah ditonton lebih dari 5,9 juta kali dalam satu minggu. Album mereka, I Am, bahkan mencapai posisi lima dalam Billboard’s World Album Chart pada 9 Mei 2018. Lagu Latata kemudian menjadi hits di dunia musik K-Pop dan menyedot banyak penggemar.

Apakah kamu salah satu di antaranya?