Cara Merawat Radiator Mobil
Cara Merawat Radiator Mobil

Tips Otomotif: 5 Tips Cara Merawat Radiator Mobil

Posted on

Cara Merawat Radiator Mobil – Merawat radiator mobil adalah sesuatu yang patut kita perhatikan. Memang, radiator adalah salah satu komponen utama dari sistem pendingin. Sistem pendingin suhu engine mobil terutama mengandalkan tiga komponen berikut: cairan pendingin, oli pelumas, dan udara. Ketiga komponen ini saling tergantung dan merupakan elemen yang paling menentukan untuk efisiensi kinerja mobil.

Radiator berfungsi sebagai tempat cairan didinginkan dan tangki utama. Karena itu, kondisi radiator harus benar-benar dijaga dan dirawat dengan baik. Sangat disarankan untuk selalu menjaga radiator tetap bersih baik di dalam maupun di luar.

Pentingnya fungsi radiator memang masih sering tidak diketahui oleh beberapa pemilik mobil. Padahal, jika radiatornya tidak dirawat dengan baik, kualitas mesin mobil Anda akan lebih rentan terhadap kerusakan.

Jika Anda ingin tahu cara merawat radiator mobil, Anda dapat membaca informasi lebih lanjut mengenai Cara Merawat Radiator Mobil di bawah ini. Tips ini kami Rangkum dari website otomotif ternama Gerai Toyota Surabaya – Auto2000. Berikut penjelasannya:

Perhatikan volume air di radiator

Salah satu tips tentang cara merawat radiator mobil adalah memperhatikan volume air di radiator. Masalah yang muncul di semua mobil adalah bahwa suhu mesin sering meningkat secara dramatis atau akrab dengan istilah overheating. Ini disebabkan oleh kurangnya volume air di radiator mobil Anda.

Ketika volume air di radiator lebih rendah, ini menyebabkan tekanan pada penutup radiator dan tekanan yang dialirkan ke reservoir atau tabung cadangan air pada radiator. Dengan tekanan ini, sistem radiator akan menciptakan ruang hampa udara.

Sebaliknya, jika tekanan atau suhu mesin menurun, vakum mengambil air dari radiator. Adalah ide yang baik untuk mengetahui bahwa batas aman untuk volume air di radiator adalah di tengah indikator penuh dan rendah. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek volume air di radiator mobil Anda.

Bersihkan atau kosongkan tangki radiator secara teratur

Salah satu tips untuk memelihara radiator mobil adalah dengan membersihkan atau mengosongkan tangki Anda secara teratur. Tujuan dari tangki radiator drain adalah untuk mencegah korosi tangki pada komponen logam.

Untuk mengeringkan tangki radiator mobil, Anda dapat melakukannya setidaknya setiap 2 minggu sekali. Pembersihan tangki radiator secara teratur memiliki keuntungan menjaga suhu mobil Anda terpelihara dengan baik dan menghindari masalah umum seperti terlalu panas.

Hindari menggunakan air ledeng

Salah satu tips tentang cara merawat radiator mobil adalah menghindari penggunaan air ledeng pada radiator mobil Anda. Air keran mengandung banyak zat besi dan dapat berdampak pada korosi tangki radiator mobil.

Ingat bahwa air radiator tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin, tetapi juga menghalangi tampilan karat pada saluran radiator. Karena itu, hindari menggunakan air ledeng.

Gunakan radiator pendingin

Salah satu tips tentang cara merawat radiator mobil adalah dengan menggunakan pendingin untuk radiator. Jika Anda harus menghindari penggunaan air ledeng, solusi utama untuk memelihara radiator mobil adalah dengan menggunakan pendingin radiator.

Selain didedikasikan untuk menjaga suhu mesin mobil, pendingin radiator digunakan untuk menghilangkan kotoran dan karat yang menumpuk di tangki radiator. Pilih jenis pendingin radiator yang cocok untuk mobil Anda.

Jangan lupa untuk menutup radiator

Salah satu tips untuk memelihara radiator mobil adalah jangan lupa untuk menutupnya. Pastikan tutup radiator tertutup sehingga pendingin radiator tidak bocor saat mesin panas. Selain tutup radiator, sejumlah poin penting juga perlu diperiksa terakhir agar sistem radiator mobil Anda dapat dirawat dengan baik. Sebut saja, saluran air radiator dan tangki atau tabung pasokan air radiator. Karena beberapa hal kecil sering dianggap tidak penting.

Berikut adalah lima tips tentang cara merawat radiator mobil Anda agar tidak cepat rusak dan kepanasan. Jangan lakukan itu sebelum mobil Anda mengalami masalah dengan suhu mesin yang tinggi, jadi Anda hanya melakukan perawatan radiator. Pastikan untuk selalu memeriksa radiator mobil Anda agar tidak merusak mesin Anda.