samir wisuda

Bermacam Jenis dan Bahan Pembuatan Samir Wisuda

Posted on

samir wisuda

Wisuda merupakan momen yang paling ditunggu oleh para mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya di universitas. Memang sangat melegaka setelah berkutat dengan berbagai macam jurnal untuk mengerjakan skripsi yang harus penuh coretan dosen, hingga menghadapai sidang yang membuat jantung deg-degan.

Semua pengorbanan tersebut terbayar lunas ketika diwisuda. Ketika wisuda ada berbagai macam perlengkapan yang harus digunakan sebagai salah satu lambang kelulusan, salah satunya adalah Samir wisuda.

Apa sih Samir wisuda itu ? semacam medali bergambar logo atau simbol kampus yang dibuat menggunakan material tertentu dan untuk bagian talinya menggunakan kain satin. Nantinya samir dikalungkan pada jubah wisuda.

Ada bentuknya bervarias, ada yang bulat, segi lima, segi enam, segitiga, dan lainnya tergantung permintaan dari pihak universitas. Berikut ini bermacam jenis dan bahan pembuatan samir wisuda :

Kain Satin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, samir terdiri dari bagian medali dan kain untuk dikalungkan. Nah, kain ini terbuat dari bahan satin yang cukup tebal sehingga tidak mudah petus ketika dipakai. Selain itu, varian warnanya juga beragam sehingga terlihat lebih elegan dan menarik.

Akrilik

Bahan ini digunakan untuk pembuatan bagian medalinya. Akrilik memiliki tekstur yang tebal tapi tidak terlalu berat sehingga tidak membatasi ruang gerak ketika dikalungkan. Bahan ini juga sering diguankan untuk pembuatan plakat penghargaan.

Logam

Selain akrilik, logam juga sering digunakan untuk dijadikan samir wisuda karena memiliki tampilan yang sangat eksklusif. Selain digunakan untuk pembuatan samir, material logam sering dipakai untuk membuat medali perlombaan seperti SEA Games, ASEAN Games, Olimpiade hingga piala dunia.

Resin

Bahan yang satu ini digunakan untuk pelapis plat samir yang telah dibuat dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Pelapisan ini bertujuan agar plat tidak mudah rusak dan juga terlihat lebih mengkilap sehingga memberikan kesan yang eksklusif dan modern.

Berbagai macam jenis dan bahan pembuatan samir wisuda yang ada di atas digunakan hampir seluruh pengrajin yang terjun di bidang pembuatan samir wisuda. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan kreatifitas Anda.