Beberapa tips merawat mesin mobil tua agar tidak mogok

Posted on

Memiliki mobil jadul atau mobil tua kini tak perlu merasakan khawatir yang berlebihan. Kita biasanya takut mesin mobil mengalami masalah mendadak saat kita dalam perjalanan. Kini kalian bisa lebih lega lagi, Eitss! Tapi ada syaratnya, Kalian harus tau cara merawat mesin mobil tua yang baik juga benar.

Tidak sulit kok, Jika tips nya dilakukan semua dengan baik kalian tidak perlu khawatir lagi mobil akan mogok ketika sedang dikendarai.

Nah, mari kita coba merawat mesin mobil tua kita dengan beberapa tips berikut ini.

PERIKSA MESIN MOBIL SECARA RUTIN

Pemeriksaan mesin mobil tua secara rutin dan teratur sangatlah penting dalam merawat mesin mobil. Mobil yang sering kita gunakan membuat mesinnya sangat rentan, Maka permasalahan sering terjadi meskipun dari awalnya hanya baik-baik saja. Masalah yang sering atau sangat terlihat yaitu gampang mogok. Selalu cek performa mobil tua anda dengan mengecek mesinnya. Atau kalian juga dapat membawa mobil kesayangan kalian ke ahlinya atau bengkel professional.

CEK KONDISI OLI

Jangan dilupakan keberadaan oli ini, sangat penting karena berhubungan langung kinerja mesin mobil. Lakukan rutin mengganti oli mesin mobil kita saat jarak tempuh telah menembus di 2500 km. Selalu gunakan oli yang dimana memiliki kekentalan SAE 15-40 W atau 10-40 W

CEK BAHAN BAKAR BENSIN

Sama halnya seperti peran oli, bahan bakar juga perlu kita perhatikan penggunaannya. Selalu gunakan bensin atau bahan bakar mesin yang kualitasnya terbaik. Jangan tunggu sampai bahan bakar sudah habis baru kita isi, karena dapat menyebabkan tangki yang mudah keropos. Isilah bahan bakar bensin yang nonsubsidi untuk mobil kita. Yaitu PERTAMAX. Baca juga artikel kami lainnya: gadai bpkb mobil di depok

SELALU CEK KOMPONEN MESIN

Bagian yang sangat dikhawatirkan pada mobil tua adalah dengan mengelupasnya kabel. Pastinya ini sangat membahayakan, Bukan hanya kabel yang di cek, komponen lainnya seperti ring perlu di cek juga secara teratur. Jangan menunggu lama, Ganti ring yang sudah berkarat. Karena ring adalah bagian yang sangat penting untuk membuat lancer aliran bensin mobil kita dan juga meredam suara mesin mobil agar tidak kasar atau bising.

CEK RADIATOR

Air radiator juga tidak kalah penting, yang mana bertugas untuk menyejukan mesin mobil kita saat sedang bekerja. Agar kinerja radiator secara maksimal, gantilah air radiator dengan rutin agar mesin mobil kita tidak overheat yang dapat memunculkan asap dan menyebabkan mogok.