Jenis Tempat Tidur yang Baik dan Nayaman

Posted on

Jenis Tempat Tidur yang Baik dan NayamanSaat ini mungkin agak aneh mendengar istilah “dipan”. Ini terjadi karena tempat tidur modern jarang menggunakan dipan saat ini. Secara umum, kasur saat ini adalah kasur yang terintegrasi langsung dengan tempat tidur. Tidak lagi menggunakan dipan seperti dulu.

Dipan atau biasa disebut spring box pada dasarnya adalah bagian bawah kasur yang berfungsi sebagai penopang kasur. Dipan biasanya dibuat dengan bingkai kayu dengan balutan yang dibungkus dengan kain atau kulit sintetis. Di bagian bawah biasanya ada kaki dipan atau disebut juga bed leg. Kaki dipan ini memberi jarak antara dipan dan lantai.

Lalu, jika saat ini kita menggunakan dipan, model seperti apa yang ada di pasaran dan dapatkah kita menempatkannya di kamar tidur kita?

  • Dipan Ranjang

Panggung ranjang atau sering disebut ranjang kabin memiliki karakteristik yang sederhana, bersih dan apa adanya. Sangat cocok untuk kamar dengan konsep interior minimalis. Sebagai penyangga, jenis dipan ini memiliki bingkai berbentuk kotak sederhana yang terdiri dari papan kayu bermotif geometris.

  • Dipan Kanopi

Tempat tidur kanopi atau dipan yang memiliki penutup bagian atas yang didukung oleh empat tiang dengan ketinggian minimum 1,2 meter di atas kasur. Model dipan ini biasanya terbuat dari kayu yang penuh ornamen berukir, baik di headboard, footboard, dan pilar-pilar.

Dipan dengan kanopi biasanya dibentuk dari kain dekoratif yang dirancang untuk dihubungkan silang di antara tiang, kemudian diperpanjang untuk mengikuti tiang untuk membentuk kelambu yang diikat dengan tali. Bisa juga menggunakan permadani Mandala. Jenis kain yang biasa digunakan adalah sifon atau sutra. Anda bisa membelinya di toko mebel jepara.

  • Dipan Kereta Luncur Salju

Dipan ini terinspirasi oleh gaya Romawi dan Yunani, ranjang sleigh diperkenalkan oleh Perancis di Amerika pada abad ke-19. Ciri-ciri giring bed adalah headboard dan footboard yang melengkung ke luar sehingga terlihat seperti sleigh atau kereta luncur salju. Desain yang lengkungannya manis dan ramping.

  • Dipan Yang Terdapat Laci

Dipan laci tingkat terdiri dari dua ranjang susun, dengan kasur bawah dibuat sedikit lebih kecil dari kasur atas sehingga dapat didorong ke bawah seperti laci lemari. Model ini sangat cocok untuk menghemat ruang. Selain itu, bagian bawah juga bisa berfungsi sebagai laci.

  • Panel Bed

Dipan jenis ini biasanya terbuat dari kayu dan hampir mirip dengan dipan panggung. Bedanya, tempat tidur ini memiliki empat papan yang membingkai kasur di empat sisi. Panel ini juga bisa diisi dengan kasur pegas. Headboard tinggi dihiasi dengan ukiran atau pelapis. Sedangkan footboard dipan ini biasanya lebih rendah dari sandaran kepala.

Mungkin dari beberapa pilihan di atas anda bisa memilih untuk menyesuaikan ruang kamar anda. Karna kalian pastinya yang lebih tau tempat tidur mana yang sesuai untuk ruang kamar anda. Untuk membeli furniture anda bisa membelinya di toko online furniture jepara.

Dalam membeli furniture, kalian harus tau mana yang memeberikan hasil terbaik. Contohnya di misha gallery, di sana anda akan mendapatkan pelayanan yang begitu baik. Kualitas yang diberikan sangat sesuai dengan harga yang di tawarkan. Anda juga bisa custome furniture jika anda mempunya desain sendiri, jadi tunggu apa lagi.

Demikian yang bisa saya berikan, semoga artikel yang saya berikan ini bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari dipan yang sesuai dengan ruangan kamar.