Sudah Mau 74 Tahun Merdeka, Masih Banyak yang Buang Sampah Sembarangan

Posted on

Kebanyakan orang Indonesia kalau pergi ke negara maju misalnya pergi ke negara Singapura. Pasti tingkat kedisiplinannya akan meningkat drastis. Tidak lagi berani untuk merokok sembarangan dan juga tidak akan berani membuang sampah sembarangan. Pokoknya menjadi disiplin karena mengikuti budaya dan peraturan di sana.

Tapi sayangnya, saat kembali lagi ke Indonesia urusannya bisa berubah. Budaya disiplin saat di Singapura tidak lagi dipakai dan malah beda lagi urusannya, malah banyak juga yang kembali tidak disiplin.

Di Indonesia, orang – orang yang suka buang sampah sembarangan tidak pandang bulu lagi. Mulai dari kelas bawah, kelas menengah, hingga kelas atas, masih banyak yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan alias tidak pada tempat sampah stainless.

Di lokasi lainya misalnya di kali atau di sungai, masih sangat banyak sekali orang yang membuang sampah sembarangan. Parahnya lagi, sungai – sungai menjadi kotor dan tercemar. Dan akhirnya aliran air sungai pun menjadi tersendat. Apa akibatnya? Akibat yang paling fatal adalah saat musim penghujan, air menjadi naik, meluap, dan membanjiri setiap daerah di sekitarnya.

Tidak hanya rugi material, tapi nyawa menjadi taruhannya karena biasanya ada saja warga yang akhirnya harus meninggal karena bencana banjir.

Nah rata – rata apa sih kata mereka buat yang sering buang sampah? Ini dia:

1. Disiplin rendah

Ya memang benar, jelas orang – orang yang suka buang sampah sembarangan udah jelas pasti tingkat disiplinnya sangat rendah. Kalau disiplin, pasti dia tidak akan melakukan hal kurang terpuji tersebut.

2. Mungkin dia pikir semua tempat itu tempat sampah

Nah  mungkin ini ada benarnya juga. Karena kadang oknum orang Indonesia tidak kenal tempat untuk buang sampah. Dimana dia berdiri, kemungkinan dia buang sampah disitu juga bisa terjadi. Sekelas monas saja yang harusnya selalu bersih, kita lihat masih ada saja orang yang buang sembarangan kan ?

3. Faktor pendidikan rendah

Faktor pendidikan yang rendah biasanya masih banyak ada pada warga 1990 ke bawah. Nah pendidikan yang rendah juga bisa memicu kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Nah sudah hampir 74 tahun kita merdeka, tapi kita masih mempunyai masalah dengan yang namanya sampah yang sampai sekarang belum bisa tertuntaskan. Sudah sering bencana melanda, dan juga sering juga jatuh korban jiwa yang semuanya berawal dari sampah.