tas totebag

Cara Membuat Tote Bag

Posted on

Tote bag jogja adalah jenis tas yang pernah populer di tahun 40an dan kini kembali populer serta banyak yang memburu jenis tas tersebut. Desain dari tas ini sangat sederhana dan tidak mudah dibawa kemana – mana. Dengan desain yang sangat simpel membuat jenis tas ini mudah untuk dibuat sendiri. Bahan yang digunakan pun juga tidak terlalu banyak.

Alat – Alat Dan Bahan Yang Diperlukan untuk membuat tote bag:

Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan tote bag tidak terlalu banyak. Cukup mesin jahit lengkap dengan benangnya, gunting dan seterika.

Sedangkan untuk bahan pembuatan tas Tote bag pada umumnya yaitu kain kanvas. Namun juga dapat menggunakan bahan lain. Tetapi bahan tersebut harus mempunyai kualitas yang hampir sama dengan kain kanvas, jadi tidak mudah rusak dan awet. Jenis bahan terbaik pengganti kanvas adalah jeans.

Setelah memilih bahan, tentukan ukuran tas yang diinginkan. Selain itu juga persiapkan pula bahan untuk tali tas.
Bahan lain yang diperlukan untuk pembuatan tote bag yaitu bahan untuk finishing yang berupa transfer paper. Bahan ini digunakan sebagai media hiasan pada Tote bag. Namun dapat juga mengganti bahan ini dengan bahan lain.

 

Cara Membuat Totebag

Inilah langkah – langkah untuk membuat Tote bag jogja :

1. Siapkan kain terlebih dahulu. Lalu potong kain sesuai dengan ukuran tas yang diinginkan. Untuk ukuran dari Tote bag pada umumnya adalah 35 x 45 cm. Jadi kain yang dibutuhkan adalah 37 x 95 cm.
Setelah menyiapkan bahan untuk tas, kemudian siapkan pula bahan untuk tali. Untuk lebar tali tas yang diperlukan adalah 10 cm. Sedangkan untuk panjang tali hanya ±50 cm.

2. Jahit kedua bahan tersebut. Untuk badan tas, dilipat menjadi 2 dan jahit pada kedua sisi kain. Sedangkan untuk tali, hampir sama dengan menjahit badan tas. Hanya saja cukup satu sisi yang perlu dijahit.
Untuk hasil yang lebih maksimal lipat dua kali bagian sisi yang hendak dijahit. Sehingga bagian dalam pun terlihat lebih rapi.

3. Balik badan tas dan talinya. Ketika membalik tali, lebih baik dibantu dengan penggaris. Sehingga lebih muda membaiknya.

4. Pada ujung atas badan tas, lipat dua kali. Kemudian jahit. Supaya terlihat lebih rapi, tambahkan kain perekat pada bagian badan atas tas.

5. Pasangkan tali dengan badan tas. Posisi tali harus diletakkan tepat pada bagian tengah tas. Supaya seimbang ketika digunakan. Khusus untuk jahitan bagian tali ini, sebaiknya dijahit hingga 2 – 3 kali. Supaya tas menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak ketika harus membawa beban yang cukup berat.

6. Persiapan desain tas totebag terlebih dahulu. Kemudian cetak menggunakan transfer paper.
Sebelum mencetak desain tas, flip horizontal terlebih dahulu. Supaya ketika ditempel pada tas tidak terbalik. Setelah itu potong bagian transfer paper yang kosong atau yang tidak terdapat gambar desain.

7. Tempelkan transfer paper ke Tote bag dengan cara dibalik. Jadi gambar menghadap ke arah kain. Lalu lapisi transfer paper dengan kain biasa. Kemudian seterika transfer paper tersebut secara merata dan perlahan.

8. Untuk hasil yang lebih baik. Diamkan transfer paper pada tas hingga dingin. Lalu angkat secara perlahan – lahan.
Itulah langkah mudah tentang cara membuat Tote bag jogja. Cara tersebut dapat dipraktikan dirumah. Dapat pula dimanfaatkan untuk koleksi diri sendiri. Selain itu dapat juga dimanfaatkan sebagai ide bisnis.