segway

Polisi Sudah Mulai Gunakan Segway

Posted on

Satu tahun terakhir ini saya mendengar Polisi di luar negeri belanja Segway dan saya pikir apakah ada gunanya bagi mereka di dunia kepolisian. Saya melihat rekaman media tentang orang-orang yang menggunakan Segway dan benda itu tampak lambat dan berat. Selain itu, saya pikir Segway juga berbahaya sewaktu melihat banyak video tentang orang yang celaka saat menggunakannya (beberapa video itu bahkan cukup menghibur).

Beberapa waktu yang lalu saya mengetahui bahwa perusahaan tempat saya bekerja juga berinvestasi dengan membeli beberapa Segway dan siapa pun yang berminat menggunakannya bisa mengikuti kursus pelatihan. Belum lama ini saya mengikuti kursus pelatihan dan harus saya akui bahwa saya puas dengan Segway.

Salah satu hal yang paling menakjubkan dari Segway adalah kecepatannya. Segway bisa dipacu hingga 12,5 mil per jam yang ternyata terbilang sangat baik. Mereka bisa berakselerasi dengan cepat dan Polisi bisa dengan cepat mengejar tersangka yang lari atau kabur dengan menggunakan sepeda.

Memahami cara menggunakan Segway membutuhkan waktu tapi setelah beberapa jam saya merasa tak terkalahkan ketika saya melompat ke atas Segway dan memacunya di trotoar dan bahkan juga di atas rumput. Segway bekerja dengan sempurna ketika berpindah dari trotoar dengan kecepatan maksimum. Hal tersebut penting manakala sedang mengejar tersangka atau bereaksi cepat saat menerima panggilan.

Saya juga terkejut mengetahui bahwa Segway dapat berjalan di atas kerikil, rumput, dan tanah. Saya pikir Segway hanya untuk penggunaan di atas trotoar saja. Meski Segway berjalan lambat saat berurusan dengan rumput, tapi tetap bisa digunakan untuk naik turun bukit berumput.

segway

Hal lain yang patut diperhitungkan adalah kemampuan Segway untuk bermanuver. Saya bisa naik trotoar dengan mudah dan bermanuver di kerumunan orang, kendaraan, tiang lampu, dan juga rintangan lainnya. Salah satu fitur yang paling luar biasa adalah kemampuan mengerem Segway saat kecepatan maksimal. Ketika bergegas dengan kecepatan 12,5 mil per jam, saya bisa menghentikan Segway dengan segera dengan cara menarik stang dan memiringkan badan ke belakang. Fitur unik ini sangat ideal untuk keadaan di mana Anda harus berhenti tiba-tiba dan meninggalkan Segway saat situasi mendesak atau untuk menghindari kecelakaan.

Awalnya, saya sempat khawatir tentang kemungkinan Segway dicuri saat Polisi sedang sibuk dengan urusannya. Saya baru tahu bahwa Segway memiliki alarm suara yang bakal menyala jika seseorang menyentuh alat tersebut. Tentunya, Polisi harus mengaktifkan alarmnya terlebih dahulu. Bobot Segway tergolong berat dan mungkin kurang ideal jika harus membopongnya.

Saat menunggangi Segway, Anda dapat mengawasi lingkungan dengan instan karena posisi Anda lebih tinggi daripada orang lain yang berada di dekat Anda. Petugas akan sangat terlihat oleh publik saat berada di Segways yang juga merupakan pencegah kejahatan yang sangat baik.

Segway secara signifikan membantu Departemen Kepolisian dalam tugas-tugas di mana petugas polisi berada di kerumunan orang atau daerah perkotaan yang padat seperti misalnya di sekitar area pusat kota. Selain itu, Segway adalah perangkat yang sangat baik karena Polisi tak lagi perlu menggunakan motor mereka dan menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Petugas polisi dapat dengan cepat mengatasi masalah dan berkomunikasi dengan orang-orang saat menunggangi Segway.