6 Tips Jilbab Agar Tetap Nyaman

Posted on

Mengenakan jilbab adalah kewajiban bagi seorang Muslim untuk lebih terjaga dan dilindungi. Dalam jilbab, kenyamanan sangat penting agar wanita dapat melakukan aktivitasnya dengan lancar. Apalagi saat memasuki musim panas, jilbab bisa terasa panas jika mereka tidak pintar untuk mengatasinya.

Untuk itu, berikut adalah 6 tip hijab yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak menjadi panas dan tetap nyaman saat bepergian.

1. Pilih jilbab yang nyaman dipakai
Saat ini ada banyak pilihan hijab yang bisa Anda gunakan. Anda dapat membeli atau membuatnya sendiri. Pilihan hijab sangat memengaruhi kenyamanan wanita muslim dalam berbusana.

Cari bahan hijab yang bisa menyerap keringat, seperti jenis katun atau baju. Kain ini memiliki serat yang cukup renggang yang mampu menyerap udara dan tidak membuatnya panas.

Baca juga: Koleksi Baju Kurta Asli Indonesia

2. Gunakan pendukung ciput dari hijab
Sangat penting untuk menggunakan kerutan agar rambut Anda tidak berantakan atau keluar saat mengenakan jilbab. Ada banyak keripik yang bisa Anda pilih dengan menyesuaikan hijab yang Anda gunakan. Pilih model ciput sederhana seperti bandana.

Jika tidak ada kebutuhan khusus, hindari menggunakan puting karena dapat membuat kepala Anda tidak nyaman dan mudah berkeringat.

3. Hijablah dalam kondisi rambut kering
Jika rambut Anda basah, tunggu beberapa saat hingga kering sebelum jilbab. Mengenakan jilbab dalam keadaan rambut basah akan terasa tidak nyaman, membuat rambut lemas hingga menyebabkan sakit kepala. Gunakan pengering rambut jika Anda ingin segera memakainya.

4. Ikat rambut Anda saat mengenakan jilbab
Jangan lupa ikat rambut Anda sebelum mengenakan jilbab. Membiarkan rambut Anda longgar saat jilbab akan membuat kepala Anda terasa panas. Rambutmu akan menjadi berantakan dan mudah keluar. Ini menyebabkan Anda menjadi tidak nyaman mengenakan jilbab saat melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Cari model hijab sederhana dan tidak rumit
Model jilbab juga mempengaruhi kenyamanan wanita Muslim dalam aktivitas mereka. Jika tidak ada acara khusus, pilih model jilbab yang sederhana dan mudah digunakan. Hijab langsung menggunakan atau model persegi panjang yang cocok untuk kegiatan sehari-hari. Jangan lupa sesuaikan kenyamanan pakaian yang Anda kenakan.

Baca juga: Koleksi Baju Kurta Pria 100% Buatan Indonesia

6. Sesuaikan jilbab dengan aktivitas yang Anda jalani

Cerdas memilih model hijab sesuai dengan kebutuhan aktivitas Anda. Saat menghadiri acara formal, sesuaikan dengan pakaian yang Anda kenakan. Sedangkan untuk kegiatan di luar ruangan yang cenderung membutuhkan banyak gerakan, gunakan model hijab yang lebih sederhana, mudah dilepas dan kemudian digunakan kembali.