alat kejut jantung

Mengenal Alat Kejut Jantung Untuk Selamatkan Nyawa

Posted on

Melihat judul artikel ini tentunya bagi anda orang awam cukup mengundang perhatian. Apa yang dimaksud dengan alat kejut jantung itu ? Alat Kejut Jantung disebut dengan Defibrillator. Alat ini digunakan di berbagai instansi. Tidak hanya di rumah sakit ataupun klinik. Alat ini juga disediakan / disiapkan di tempat – tempat umum seperti di bandara, stasiun, stadion dan juga tempat – tempat wisata yang sering dikunjungi orang banyak.

Pengertian Defibrillator

Sebagian orang mengenal dengan istilah alat kejut jantung. Memang demikian, alat ini berfungsi sebagai alat kejut jantung, yaitu mengejutkan jantung dengan sengatan energi listrik dalam jumlah tertentu. Defibrillator juga sering kali disebut dengan alat pacu jantung.

Fungsi Defibrillator

Defibrillator memiliki fungsi yang sangat vital, karena alat ini berhubungan dengan keselamatan jiwa seseorang. Defibrillator dapat memberikan kejutan energi listrik dengan tujuan mempengarhui kelistrikan jantung agar dapat berjalan normal sebagaimana mestinya. Serangan jantung yang menyerang seseorang secara tiba – tiba yang mengakibatkan fibrilasi Ventrikel.

Jenis Defibrillator

Defibrillator atau alat kejut jantung terdiri dari dua macam yaitu defibrillator manual dan defibrillator otomatis yang sering disebut dengan AED (Automated External Defibrillator). Defibrillator manual umumnya dilengkapi dengan fungsi monitoring EKG sehingga pengguna dapat menset energi secara manual sesuai dengan analisa yang dilakukan. Namun untuk alat AED, sudah dilengkapi dengan alat pendeteksi irama jantung sehingga langsung dapat menentukan secara otomatis berapa energi yang harus digunakan.

Harga Alat Kejut Jantung

Merunut anda berapa harga satu unit alat defibrillator ? Ya, alat ini termasuk alat Elektromedik yang tidak dibut di Indonesia. Oleh sebab itu, alat ini terkenal lumayan mahal. Berdasarkan informasi yang berhasil kami dapatkan dari website toko alat medis, yang jual defibrillator harga untuk defib manual mulai dari 40 juta hingga ratusan juta. Sedangkan untuk AED dibawah harga defibriillator manual.

Mungkin sampai di sini saja ulasan singkat mengenai alat kejut jantung atau yang sering disebut dengan defibrillator. Mudah – mudahan tulisan singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian dan selamat beraktifiras.