Berbagai Minuman yang Bisa Mengatasi Lambung

Posted on

Ketika terkena penyakit asam lambung, kita mesti membatasi pola makan sebaik mungkin. Karena, salah pilih makanan dapat membikin gejala asam lambung semakin kumat, layaknya batuk, mual, atau sakit tenggorokan. Tak cuma pilih variasi makanan, kita juga mesti mengerti minuman apa saja yang boleh dan yang mesti dikuasai supaya asam lambung tak naik. Informasi pantasnya, ada sebagian minuman yang safe dan ampuh meredakan gejala asam lambung.

Tapi, sebaiknya kita konsisten berkonsultasi dengan dokter terutamanya dulu untuk memutuskan keadaan kesehatan. Seperti yang dikutip dari prosehat sebagai berikut:

1. Teh herbal

Sekiranya merasa asam lambung tengah naik, cobalah redakan gejalanya dengan minum teh herbal. Teh herbal bisa menolong memperlancar cara pencernaan dan meredakan rasa mual. Perlu dicatat bahwa tak segala teh herbal boleh dikonsumsi. Pilih teh herbal yang bebas kafein, layaknya teh chamomile dan licorice. Teh licorice dengan sebutan lain akar manis berguna untuk menambah lapisan lendir di esofagus supaya terlindungi dari iritasi pengaruh asam lambung.

Sistem penyajiannya lumayan gampang. Seduh satu sendok teh herbal ke dalam satu cangkir air panas, selanjutnya diamkan selama 5 hingga 10 menit. Untuk menerima hasil yang optimal, minum dua hingga empat cangkir teh herbal sambil beristirahat. Variasi teh herbal yang tak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung yaitu teh dari daun peppermint. Ini sebab peppermint bisa sebabkan refluks asam lambung bagi sebagian orang yang cara pencernaannya cenderung peka. Meskipun demikian, konsisten konsultasikan ke dokter terutamanya dulu sebelum saat menentukan untuk minum teh herbal.

2. Susu rendah lemak atau susu skim

Susu sapi lazimnya tak direkomendasikan untuk penderita asam lambung. Ini sebab susu sapi memiliki kandungan tinggi lemak supaya lebih susah dicerna. Kecuali itu, persentase lemak dalam susu sapi juga bisa melunakkan katup atau sfingter esofagus dan mengakses jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Sekiranya Anda berharap konsisten minum susu, karenanya pilihlah susu rendah lemak atau susu skim supaya lebih gampang dicerna. Dengan semacam itu, katup kerongkongan (sfingter esofagus) bakal konsisten safe dikala membendung asam lambung naik.

3. Susu nabati

Susu nabati yaitu salah satu minuman yang bagus dikonsumsi penderita asam lambung. Variasi yang dapat kita pilih di antaranya yaitu susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede. Nah, sekarang tinggal pilih mana yang kau menyukai. Susu almond, umpamanya, memiliki kandungan pembawaan basa yang menolong menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejalanya.

Sementara itu, dikabarkan dari web Healthline, susu kedelai dievaluasi sebagai minuman untuk asam lambung yang paling aman. Pasalnya, susu kedelai memiliki kandungan lebih sedikit lemak dibandingi variasi susu lainnya supaya bisa menahan naiknya asam lambung.

4. Jus

Buah-buahan sitrus layaknya jeruk, nanas, atau apel betul-betul tak direkomendasikan untuk penderita asam lambung. Pasalnya, persentase asam pada buah-buahan hal yang demikian bisa membikin asam lambung naik.

Tapi, ini bukan berarti kita langsung tidak dapat mengkonsumsi buah-buahan apalagi minum jus buah. Sebelum membikin jus, pilihlah buah atau sayur yang lebih rendah persentase asamnya layaknya wortel, bayam, mentimun, atau lidah buaya. Kecuali itu, kita juga dapat membikin minuman segar dari buah yang safe untuk penyakit asam lambung, layaknya buah bit, semangka, dan buah pir.

5. Smoothie

Smoothie yaitu salah satu minuman untuk asam lambung yang bagus untuk dikonsumsi. Kecuali memiliki kandungan lebih banyak vitamin dan mineral, minuman ini juga tak membikin asam lambungcepat kumat.

Ketika membikin smoothie, pakai buah yang tak memiliki kandungan banyak asam, layaknya buah pir atau semangka. Kita juga mencampurkannya dengan bayam supaya kian ampuh merawat persentase asam lambung konsisten normal.

6. Air putih

Rutin minum air putih yaitu metode yang paling simpel untuk menahan asam lambung kumat. Walau semacam itu, kita konsisten mesti berhati-hati dikala minum air putih. Kebanyakan pH air cenderung netral. Walaupun ini tidak menutup mungkin bahwa air putih bisa menambah persentase pH dari tiap-tiap makanan yang Anda konsumsi.

Meskipun direkomendasikan untuk minum air putih, kita konsisten mesti mengendalikan air putih yang diminum. Pasalnya, terlalu banyak minum bisa mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan menambah mungkin terjadinya refluks asam lambung.

7. Air kelapa

Air kelapa jadi salah satu minuman untuk asam lambung yang bagus dikonsumsi. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang berguna untuk merawat keseimbangan pH dalam tubuh. Dengan demikian, persentase asam lambung jadi lebih gampang dikontrol dan kurangi risiko refluks asam lambung.

Jika sakit berlanjut maka kamu bisa panggil dokter ke rumah dari berbagai layanan yang tersedia. Pilihlah layanan yang sesuai dengan yang kamu harapkan.