speaker portable

JBL Charge 3: Speaker Bluetooth yang Nyaring dan sangat Portable

Posted on

speaker portable

Ketika piknik di taman, barbekyu di teras atau pergi ke festival pada akhir pekan, speaker bluetooth bertenaga baterai adalah cara terbaik untuk membawa musik kamu sambil menikmati cuaca yang bersahabat.

JBL Charge 3 dibuat khusus untuk aktivitas semacam itu. Eksteriornya yang dilapisi karet (IPx7) akan melindungi speaker dari benturan, hujan dan lain-lain. Di bagian belakang, karet tebal menutupi port pengisian micro USB dan jack input 3.5mm. Ada juga port USB-A – dalam keadaan darurat, memungkinkan kamu mengisi ulang ponsel dengan bantuan baterai internal 6.000 mAh.

Hal pertama yang perlu diketahui tentang Charge 3 adalah bahwa speaker ini sangat bagus dan memiliki suara yang lumayan baik – lebih dari yang Anda harapkan dari ukurannya. Naikan volume suaranya dan speaker kembar berukuran 50mm akan mengeluarkan suara yang mengesankan; suaranya juga dibantu oleh sepasang radiator bass pasif.

Kami juga ingin mengatakan bahwa tidak peduli seberapa keras volume yang kamu pasang di Charge 3, kamu tidak akan mendengar sedikitpun distorsi: jika kamu suka memutar musik dengan keras, satu-satunya hal yang harus kamu khawatirkan adalah suaranya yang bisa mengganggu orang sekitar. Supaya lebih nendang lagi, kamu bisa gunakan sistem Connect JBL untuk memasangkan Charge 3 dengan speaker JBL kedua dan mendapatkan suara yang lebih besar.

Namun, output Charge 3 tidak sepenuhnya sesuai standar audiophile. Codec audio Bluetooth aptX tidak didukung, jadi kamu terbatas pada streaming tingkat standar – bukanlah sesuatu yang kentara pada speaker dengan ukuran seperti ini.

Masalah yang lebih besar adalah soal mid-range yang terasa sangat dingin, dan seringkali membuat musik jadi kurang mantab untuk didengar. Musik disco dan musik dengan genre bass berat lainnya jadi kurang menggigit di speaker ini: speaker portable ini terlalu kecil untuk menghasilkan resonansi low end. Dibawah sekitar 150 Hz, responnya menurun drastis.

JBL Charge 3 bukanlah speaker portable terbaik di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, B & O Play A1, KEF Muo dan Libratone Zipp Mini telah membuat kami lebih terkesan.

Namun jika kamu tidak menuntut kualitas suara yang sangat tinggi, JBL Charge 3 memiliki banyak manfaat untuk itu. Perangkat ini nyaring dan baterai internalnya akan memberi kamu waktu hingga 20 jam (pada volume sedang) untuk mendengarkan lagu-lagu favoritmu. Selain itu, desainnya yang tahan air membuat perangkat ini bisa diajak kemana-mana.