Cara Mudah Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Posted on

Untuk mengurangi penyalahgunaan no handphone untuk motif kejahatan serta konten negatif, Kementerian Komunikasi serta Informatika sudah menginstruksikan pemakai prabayar, baru serta lama untuk mendaftar ulang.

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

Instruksi yg dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) pada Senin (11/10/2017) tergolong Direktorat Jenderal Pendudukan serta Pencatatan Sipil serta semua penyedia layanan telekomunikasi. Tujuannya merupakan data langganan layanan seluler bisa diverifikasi sesuai dengan Nomor Identitas Nasional (NIK) yg terdapat di KTP serta Kartu Keluarga. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah memakai NIK sebagai Identitas Negara Tunggal.

Pengumuman aba-aba menetapkan bahwa kebijakan pemerintah berlaku mulai 31 Oktober 2017 serta wajib dilakukan oleh pelanggan seluler sebelum 28 Februari 2018.

Untuk pelanggan yg tak patuh, bersiap-siap untuk no mereka tak bisa membikin alias mendapatkan panggilan serta SMS, bahkan tak bisa menghubungkan internet. Artinya, no tersebut diblokir sementara hingga mendaftar ulang.

Berikut ini panduan mudah untuk melakukan regenerasi.

1. Temukan Kartu Identitas Penduduk (NIK) serta Kartu Keluarga
Dalam proses pendaftaran ulang, pelanggan seluler prabayar akan diminta untuk mengisi Nomor Identitas Penduduk (NIK) serta Nomor Kartu Keluarga (KK). Untuk NIK. Kalian bisa mencari di tahap atas data pada Kartu Identitas (ID) dalam bentuk no seri alias di kolom NIK di Kartu Keluarga yg terdiri dari 16 digit.

Untuk no Kartu Keluarga, Kalian bisa mencari di tahap atas halaman data pada kartu Family Card cocok di bawah kartu ‘KARTU KELUARGA’ yg terdiri dari 16 digit. Pastikan ID serta Kartu Keluarga valid serta disertifikasi oleh Direktorat Jenderal Kependudukan serta Pendaftaran Publik.

2. Pendaftaran mandiri
Pelanggan seluler prabayar bisa mendaftarkan diri dengan mengirim SMS ke 4444. Format pendaftaran untuk pelanggan lama serta klien baru sedikit berbeda.

-Untuk pelanggan baru, ketik SMS dengan format NIK # KK # # kirim ke 4444
-Periksa pelanggan lama, ketik SMS dalam format REINS # NIK # KK # Kirim ke 4444

Jika langkah-langkah sudah diambil, jadi dalam waktu 1×24 jam, Kalian akan mendapatkan info mengenai handphone Kalian di bawah pendaftaran ulang serta proses verifikasi sudah selesai. Nomor Kartu Keluarga serta NIK yg Kalian gunakan sesuai dengan basis data Direktorat Jenderal Penduduk serta Pendaftaran Publik.

3. Gagal? Gunakan Surat Pernyataan
Jika Kalian sudah terdaftar ulang dengan no NIK serta Kartu Keluarga semacam yg dijelaskan dalam file, namun mendapatkan info bahwa verifikasi gagal, berarti operator tak menemukan data yg sesuai dalam database Kependudukan serta Catatan Sipil.

Masalah ini mungkin sebab pertama kali saat Kalian merubah data itu sendiri semacam alamat alias status keluarga Anda, tak dilaporkan ke Direktorat Jenderal Kependudukan serta Pencatatan Sipil. Oleh sebab itu, data pada Kartu Identitas Kalian serta Kartu Keluarga tak sesuai dengan yg tercatat.

Bagi mereka yg mengalami ini, Kalian bisa mendaftar ulang serta mengkonfirmasi dengan mengisi lembar pernyataan yg diberikan pada operator seluler resmi Kalian yg Kalian berlangganan. Jangan lupa untuk memasukkan file semacam ID serta Kartu Keluarga.

Lembar pernyataan ini juga dipakai untuk orang-orang yg tak mendapatkan KTP alias kartu e-KTP mereka. Kementerian Komunikasi serta Informatika memastikan bahwa seluruh prosesnya gratis.