Ini Patokan Usia Ban Kendaraan Yang Harus Diketahui

Posted on

Setiap ban harus memiliki kode tanda produksi pada setiap dinding, mulai dari minggu dan tahun pembuatan. Namun, Anda tidak akan menghadapi tanda kedaluwarsa atau kedaluwarsa.
Jadi apakah ban juga bisa basi seperti makanan? Sebagai tanggapan, Customer Support Engineering PT Mihceln Indonesia Fachrul Rozi berbicara. Meskipun tidak ada tanggal kadaluwarsa tetapi ban memiliki usia maksimal.
“Usia ban bisa digunakan 10 tahun dari produksi hingga 10 tahun,” kata Rozi saat ditemui di Program Michelin4 Indonesia di Blok M, Jakarta, Senin (15/1).
Dia mencatat bahwa jika ban 10 tahun masih digunakan, maka hal-hal akan terjadi bahwa struktur dan bahan kimia ban juga berubah.

Baca juga : IELTS Writing Task 2, IELTS Vocabulary, IELTS Essay

“Pengaruh ban juga mudah rusak, dan cepat. Intinya adalah penggunaan ban yang lebih aman,” katanya.
Ban menjadi salah satu bagian terpenting dari kendaraan. Namun anehnya, begitu banyak orang masih kurang peduli tentang kondisi ban.
Parahnya, tidak sedikit pemilik mobil yang benar-benar membeli ban bekas. Alasannya adalah bahwa kondisi ban terlihat bagus dan tentu saja memiliki kemiringan harga.
Meskipun berbagai produsen ban telah diberitahu kepada pelanggan tentang bahaya lalu lintas. Karena ban digunakan, terutama ban yang berusia lebih dari enam tahun, seperti bom waktu.
Pasalnya, jika ban karet mulai sulit memiliki risiko bahaya. Umur akan membuat karet menjadi retak, rusak, dan gelandangan, sangat fatal. Demikian dilaporkan oleh NTD.TV, Rabu (1/3/2017).
Paling tidak, di tanah Paman Sam, lebih dari 100 kematian karena kecelakaan terjadi karena ban digunakan, dan saat ini beberapa konsumen mengajukan gugatan terhadap beberapa merek utama ban, untuk menjual ban bekas baru.
Karena itu, agar tidak tertipu saat membeli ban, Anda tidak membeli ban dengan usia lebih dari 10 tahun dari saat produksi.
Untuk mengetahui berapa umur ban, mengikuti review. Pertama, perhatikan Nomor Identifikasi Ban (TIN) yang terletak di sebelah ban. TIN biasanya menyertakan beberapa kode yang mengidentifikasi tanggal penarikan, dari beberapa minggu ke tahun.
Kedua, pastikan ban memiliki standar keamanan, seperti dari Departemen Transportasi (DOT) – Standar Amerika Serikat, dan juga mengakui Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Nasional (NHTSA).
Untuk menentukan usia ban, kode TIN harus dikombinasikan dimulai dengan penulisan DOT, diikuti oleh beberapa huruf, angka yang mengidentifikasi lokasi manufaktur, ukuran ban, kode pabrikan, dan waktu produksi ban.
Misalnya, ada DOT U2LL LMLR5107. Disarankan jika Anda melihat tanda, maka Anda hanya melihat angka terakhir, yang dibaca 5107. Karena angka ini berarti ban dibuat pada minggu ke 51 tahun 2007.
Jika Anda melihat usia ban selama 10 tahun, maka Anda cukup menambahkannya, yaitu, setidaknya akhir tahun ban hingga tahun 2017.