Tips Parenting Untuk Mengajak Si Kecil Rajin Berolahraga

Posted on

Olahraga memiliki manfaat yang baik buat tumbuh. Membuat tumbuh lebih sehat dan bugar. Olahraga baik untuk semua usia. Dari anak-anak sampai orang dewasa. Mengajak anak-anak berolahraga memang susah-susah gampang. Karena ada beberapa anak yang malas untuk bergerak. Mereka lebih memilih menonton tv, bermain gadget atau tidur. Oleh karena itu orang tua harus bisa membiasakannya dengan baik. Mengajaknya olahraga dan membuatnya suka kegiatan olahraga. Inilah tips parenting mengajak si kecil rajin berolahraga.

Membiasakan Anak Aktif Sejak Dini

Sejak anak mulai bisa berjalan sendiri, biasakan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Sehingga anak-anak biasa melakukan gerakan fisik. Anda bisa mengurangi durasi menggendong. Biarkan anak-anak berjalan sesuka hatinya, berlari atau lompat-lompat. Ini akan membuatnya terbiasa dengan berbagai gerakan. Tidak menjadi anak yang malas dan lemas melakukan aktivitas fisik. Ajak anak-anak berjalan-jalan di sekitar kompleks pada pagi atau sore hari.

Jadikan Olahraga Sebagai Aktivitas Rutin Keluarga

Supaya anak semakin rajin berolahraga, jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin keluarga. Misalnya satu minggu sekali, semua anggota keluarga olahraga bersama-sama. Bisa dengan jogging, jalan-jalan, bersepeda dan lainnya. Lakukan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Sehingga anak-anak berpikir bila kegiatan itu memang wajib dilakukan. Bila rumah anda memiliki halaman luas, ajak anak untuk bermain tangkap bola atau olahraga ringan lainnya. Agendakan kegiatan inti rutin setiap minggu atau dua minggu sekali. Anda juga bisa pergi ke tempat tertentu, untuk olahraga bersama.

Berikan Anak Contoh

Mungkin anda sudah memahami tips parenting yang satu ini. Anak-anak akan selalu mencontoh apa yang dilakukan orang dewasa. Oleh karena itu, anda harus memberikan contoh yang baik. Misalnya anak belum antusias untuk berolahraga. Anda bisa melakukan kegiatan olahraga di depan anak-anak. Sehingga dia melihat suatu hal seru. Akhirnya penasaran dan ingin melakukannya. Lalu ajak anak secara perlahan untuk melakukan olahraga juga,

Jenis Olahraga Yang Berbeda-Beda

Jangan lakukan jenis olahraga yang sama terus menerus. Tetapi lakukan kegiatan yang berbeda-beda. Tanyakan ke anak, apa yang ingin mereka lakukan. Sehingga anak-anak lebih semangat. Minggu pertama bisa melakukan jogging, lalu bersepeda, bermain tangkap bola atau bermain di ruang bermain anak. Lakukan kegiatan yang seru dan tanpa paksaan.

Tempat Yang Seru

Tidak hanya jenis olahraganya saja yang anda pikirkan. Anda juga harus memikirkan tempat olahraga. Pilih tempat olahraga yang seru. Bisa di taman, tempat wisata dan masih banyak lainnya. Ajak anak-anak menjelajah tempat yang belum mereka ketahui.

Jangan lupa untuk memberikan semangat pada anak. Sehingga mereka semakin semangat untuk melakukan kegiatan tersebut. Itulah informasi tentang tips parenting, semoga bisa memberikan informasi bermanfaat buat anda.