perangkat keras komputer

2 Komponen Besar Di Dalam Sebuah Komputer

Posted on

Sering kali kita menggunakan komputer, namun kita enggan mengetahui isi di dialamnya. Memang secara umum pelajaran ini telah kita dapatkan di sekolah, tapi itu juga sebatas pengenalan saja. Sebenarnya tidak jadi soal anda mengerti atau tidak mengerti, namun alangkah baiknya sebagai pengguna komputer, kita tau bagian – bagian di dalam komputer kita. Minimal ketika ada permasalahan, kita tidak kebingungan sekali.

Nah, di kesempatan ini penulis ingin mencoba untuk berbagi apa yang sudah saya ketahui mengenai komponen atau bagian komputer dan fungsinya. Jadi di dalam komputer kita ada dua macam bagian, yang pertama sering disebut dengan perangkat keras dan yang lain disebut dengan perangkat lunak.

1. Perangkat Keras Komputer

perangkat keras komputer

Apa itu perangkat keras ? Yaitu satu bagian komputer yang memiliki wujud atau fisik yang bisa disentuh oleh manusia. Komponen ini yang setiap hari kita pegang dan kita gunakan. Komputer PC dan Laptop memiliki komponen atau perangkat keras yang sama. Hanya saja ukuran dan bentuknya berbeda.

Ada beberapa macam perangkat keras komputer diantaranya Monitor, Keyboard, Proccessor, Motherboard, Hard Disk, dan sejenisnya. Inilah perangkat fisik atau yang disebut dengan perangkat keras komputer. Komponen ini memiliki fungsi yang berbeda – beda namun bekerja menjadi satu sistem sehingga bisa kita gunakan.

2. Perangkat Lunak

Perangkat Lunak merupakan kebalikan dari perangkat keras komputer. Yaitu komponen komputer yang tidak bisa kita sentuh secara fisik, namun bisa kita lihat dan kiat gunakan. Apa itu ? Yaitu aplikasi atau program yang ada di dalam komputer. Perangkat lunak disebut juga dengan software komputer.

Perangkat yang satu ini berbentuk file digital yang bisa kita masukkan ke dalam perangkat keras dan bisa kita gunakan asalkan semua sistem perangkat keras komputer tersedia dan berfungsi dengan lengkap. Ada banyak jenis perangkat lunak komputer seperti perangkat sistem operasi, perangkat lunak perkoantoran, maintenance dan lain sebagainya.

Dengan memiliki pengetahuan sedikit mengenai bagian – bagian komputer atau perangkat komputer ini. Minimal kita memiliki bekal untuk mengenal lebih dekat komputer yang setiap hari menemani kita dalam bekerja. Sekian, semoga bisa sedikt menambah wawasan kita.