Contoh Teks Eksposisi Dalam Teks Seminar

Posted on

Contoh Teks Eksposisi Dalam Teks Seminar – Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks eksposisi dalam teks seminar. Sexton, et al. (2005) dalam penelitiannya yaitu 54 ekor ternak yang terkena LDA dilaporkan jumlah penyakit lain yang menyertai LDA terbesar adalah metritis (37%) diantara penyakit lain yaitu retensi plasenta (15%) dan distokia (24%). Kondisi stress atau gangguan metabolik yang terjadi bersamaan pada saat partus, hipokalsemia yang dapat menyebabkan atoni abomasum, kejadian gangguan sistemik yang menghasilkan toksemia contohnya metritis akut (Andrews, et al. 2004). Berdasarkan data individu ternak yang terkena LDA didapatkan rata-rata BCS ternak yang dapat dilihat pada Tabel 4.3 berikut.

Contoh Teks Eksposisi Dalam Teks Seminar

Dalam teks seminar ini terdapat contoh teks eksposisi yang disusun dengan rapi dan urut. Body Condition Score yang digunakan sebagai penilaian ternak dewasa di PT. UPBS yaitu antara 2 – 4, sedangkan ternak pada masa kering dan transisi sapi perah di PT. UPBS mentargetkan BCS untuk ternak yaitu antara 3 – 3,5. Dari tabel tersebut memperlihatkan rata-rata BCS yang dimiliki ternak LDA yaitu 3,25. Tetapi dalam pengamatan tersebut terdapat dua ekor ternak yang masih dibawah target BCS yang diterapkan yaitu ternak pada BCS 2,75. Menurut Kellog (Tanpa Tahun) dalam penelitiannya menyarankan BCS yang ideal untuk sapi perah dapat dilihat dalam tabel pada Lampiran 4.

Berdasarkan data di atas, BCS yang dimiliki ternak dewasa di PT. UPBS tidak berpengaruh terhadap banyaknya kejadian LDA karena tidak melebihi standar. Menurut Mulligan (2006) dalam Doyle (2013), sapi perah yang BCS nya melebihi 4 maka akan menyebabkan masalah reduksi dalam konsumsi pakannya serta masalah pada masa pre-calving (sebelum melahirkan). Hoedemaker, et al. (2008) dalam Bewley and Schutz (2008) menambahkan bahwa sapi dengan BCS lebih tinggi mempunyai potensi kerugian pada awal laktasi yaitu lebih mungkin untuk terjadinya LDA. Untuk contoh teks eksposisi dibuat berdasarkan struktur dan kaidah teksnya.

Potensi lain penyebab adanya LDA pada sapi perah di PT. UPBS adalah keadaan pedet saat dilahirkan. Di PT. UPBS menerapkan sistem pemberian tanda pada kondisi pedet yang telah lahir. Tanda warna dan angka yang dituliskan sesuai dengan kondisi pedet yang dilahirkan. Adapun kriteria tanda yang diberikan dapat dilihat dalam tabel pada Lampiran 5. Pemberian tanda tersebut berguna memudahkan operator untuk pemberian perlakuan atau perawatan selanjutnya pada pedet yang dilahirkan maupun perlakuan pada induk setelah melahirkan. Demikianlah contoh teks eksposisi yang dapat saya bagikan. Terma kasih.