wisata alam kalibiru

Keindahan Wisata Alam Kalibiru Jogja yang Mempesona

Posted on

Pernahkah kamu membayangkan duduk bersantai menanti senja di ketinggian pepohonan pinus, sembari menatap langit bersemburat ungu, biru dan jingga di balik gagahnya Pegunungan Menoreh, di mana keindahan warna langit berpadu dengan tenangnya air telaga di kejauhan. Semilir angin berhembus lembut, seakan-akan menyuruh kamu melepaskan berbagai beban hidup yang kamu rasakan. Pernahkah?
Kalau belum pernah, maka kamu bisa mewujudkan semua sensasi di atas dengan berkunjung ke Desa Kalibiru di wilayah Kulonprogo, Yogyakarta. Di kawasan wisata ini kamu bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan dan tidak bakalan kamu lupakan seumur hidup kamu. Penasaran? Silahkan baca kelanjutan artikel di bawah ini.

wisata alam kalibiru

1.Menatap Keindahan Senja di Menara Pandang
Menara Pandang ini berupa papan kayu lengkap dengan tangga gantungnya yang dipasang pada sebatang pohon pinus yang menjulang di tepi jurang, Dari ketinggian itu, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan Pegunungan Menoreh, dengan Waduk Sermo di bagian bawahnya. Hiruplah udara yang segar sembari melepaskan semua beban yang kamu rasakan.
Jika kamu berkunjung ke Kalibiru dan memanjat Menara Pandang di sore hari, kamu bisa menyaksikan senja melukis langit dengan warna-warna menakjubkan. Sedangkan jika di pagi hari, kamu bisa menyaksikan warna air Waduk Sermo bersemburat biru keunguan. Pemandangan yang sangat indah mempesona.

2.Flying Fox dan High Rope
Ingin mencoba nyali kamu dan uji adrenalin? Kalau berani, cobalah wahana outbond seperti high rope dan flying fox yang disediakan di kawasan ini. Bayangkan meluncur sambil menikmati keindahan pemandangan alam sekitar kamu.
Permainan outbond dimulai dengan memanjat batu, lalu meniti jaring-jaring dan berjalan di atas seutas tambang. Lalu dilanjutkan dengan berjalan di atas jembatan kayu. Semuanya dilakukan di ketinggian. Permainan mendebarkan ini nantinya diakhiri dengan flying fox yang mendarat di sebuah papan di atas pohon.
Untuk yang mau bermain flying fox saja, kamu bisa pilih antara dua ketinggian, yakni jalur 50 meter dan 85 meter. Sekali meluncur biayanya cukup murah, sekitar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Terdengar berbahaya ya? Jangan salah, sekali kamu mencobanyak, dijamin bakalan ketagihan.

3.Trekking di Kalibiru
Bagi kamu yang hobi trekking, jangan khawatir karena di Desa Kalibiru terdapat jalur trekking yang bisa kamu telusuri. Ada beberapa pilihan jalur trekking dengan rute dan panjang jalur yang bisa disesuaikan. Jarak dekatnya sekitar dua hingga tiga kilometer, sedangkan jarak jauhnya sekitar empat sampai lima kilometer. Berita baiknya, menelusuri jalur trekking ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.
Menurut tinjauan sejarah, Pegunungan Menoreh dahulunya merupakan tempat Pangeran Diponegoro bersama pasukannya berjuang melawan Belanda, sebelum akhirnya beliau diperdaya dan dibuang ke Sulawesi sampai akhir hayat.

Rute Menuju Kalibiru dari Kota Yogyakarta

Perjalanan menuju Kalibiru bisa diakses melalui dua rute, yaitu rute Sermo dan Clereng. Kedua rute tersebut sudah ditunjang dengan jalanan aspal, sehingga sudah memadai dan bisa dilalui sepeda motor dan kendaraan roda empat non bus.
Sebelum kamu melakukan perjalanan menuju Kalibiru, pastikan kendaraan yang akan kamu gunakan dalam kondisi prima, terutama rem. Sebab, kamu akan menemui banyak tanjakan curam dan tikungan tajam.

sumber : https://jpswisata.com