Inilah Letak Geografis Desa Nyuh Kuning Village Bali

Posted on

Nyuh Kuning Village Objek wisata di Bali memang lebih didominasi oleh kawasan pesisir, namun demikian keindahan itu bukan hanya pantai saja yang disuguhkan, seperti pantai Kuta, Tanjung Benoa ataupun Jimbaran. Tetapi juga kawasan wisata pedesaan sanggup memberikan pilihan tempat bersantai atau jalan-jalan di Bali dalam mengisi liburan anda. Seperti salah satunya yaitu Desa Nyuh Kuning yang berada di kawasan Ubud. Letak Geografis Desa Nyuh Kuning Sebuah desa wisata yang menyuguhkan keindahan alam Bali termasuk budayanya yang kental, dan sekarang ini sudah jarang bisa kita temukan. Desa ini sering dikunjungi oleh wisatawan asing, sehingga lebih dikenal dengan nama Nyuh Kuning Village.

Keindahan  Nyuh Kuning Village

Nuansa alam Bali yang disuguhkan oleh Nyuh Kuning Village, mengacu pada budaya lokal, ditawarkan sebagai kawasan desa wisata sebuah pedesaan jauh dari nuansa pembangunan pariwisata modern, sehingga suasana alamnya masih asri dan alami pedesaan. Anda yang sudah terbiasa suasana keramaian Kuta, hingar bingar dunia gemerlap malam dan hiruk pikuk lalu lintas dan kemacetan, maka mengunjungi Nyuh Kuning Village, serasa berada tempat asing dan berbeda, jauh dari sentuhan modernisasi. Desa wisata ini menambah lengkapnya objek wisata Ubud yang menawarkan keindahan alam, budaya dan seni. Tata ruang mengacu konsep Tri Hita Karana yaitu menjaga hubungan harmonis dengan sesama, alam dan Tuhan, sehingga terasa nyaman.

Letak Geografis Desa Nyuh Kuning village

Jalan-jalan di Bali tidak cukup hanya menyambangi Bali Selatan saja, namun Ubud adalah tawaran istimewa bagi anda yang ingin bereksperimen tentang budaya alam Bali, seni lokal serta panorama alamnya yang membuat anda betah untuk berlama-lama, kalau di kawasan perkotaan ataupun Kuta sangat identik dengan hingar bingar kehidupan malam dan suguhan musik diskotik di klub malam, pub ataupun di cafe. Namun sangat jauh berbeda tatkalan anda menikmati kawasan Ubud, berbagai suguhan seni tari, bisa anda nikmati pada malam harinya, seperti tari Barong, Kecak, Legong dan Ballet Ramayana. Bahkan di Nyuh Kuning Village anda bisa menyaksikan pementasan seni tari tradisional Bali di salah satu restaurant setempat.

Untuk itulah jika anda kebetulan jalan-jalan di Ubud, cobalah bertandang ke Nyuh Kuning Village, desa ini siap menyuguhkan nuansa lain dalam kunjungan tour ke objek wisata di Bali. Pada malam harinya singgahlah ke Restaurant Laka Leke, restoran ini menawarkan masakan khas bebek krispi (Crispy Duck) yang cukup terkenal di Ubud, bahkan pengunjung restoran bisa menyaksikan suguhan tari tradisional Bali selama 45 menit tanpa dipungut bayaran. Beberapa tarian dipentaskan seperti tari Kecak & Fire Dance, Barong & Kris Dance, Joged & Children Dance, Frog Dance. Nah cukup menarik bukan, ataur acara liburan anda bersama pasangan terkasih ataupun keluarga anda mengunjungi desa wisata ini.

Selain itu agar anda bisa maksimal menikmati suasana alam pedesaan Nyuh Kuning Village, sewalah sepeda kayuh, dengan ikut trekking ringan menyusuri jalan-jalan desa, pematang sawah, menikmati hamparan sawah dan alam hijau yang jauh dari polusi, terasa tenang dan bisa menenggalamkan segala kejenuhan hati, dan bisa fresh kembali untuk aktifitas esok harinya. Begitu juga pada malam harinya, anda bisa sewa penginapan di kawasan ini dalam nuansa alam tenang pedesaan, sejumlah penginapan bisa anda pilih seperti; The Ubud Village Resort, Ubud Wana Resort, Alam Shanti, Villa Sonia hotel-hotel tersebut menyuguhkan suasana alam asri dibalut taman-taman serta alamnya yang indah alami.

Letak Geografis Desa Nyuh Kuning

Letak Geografis Desa Nyuh Kuning di belakang objek wisata monkey forest Ubud yang dihuni oleh ratusan kera, sehingga tidak mengherankan saat anda berkunjung ke desa wisata ini maka bisa menyaksikan kera lalu-lalang, terdapat jalan kecil menghubungan Nyuh Kuning Village dengan hutan kera monkey forest Ubud. Dikembangkan sebagai desa wisata, maka wistawan bisa menyewa kamar tempat menginap juga di rumah penduduk dengan harga lebih murah dibandingkan jika menginap di resor ataupun hotel. Nuansanya juga berbeda, bisa lebih dekat dengan penduduk lokal yang ramah, bisa memahami budaya lokal, seni serta tradisi masyarakat setempat lebih dekat dan tuan rumah siap menjadi pemandu anda selama menginap di Nyuh Kuning Village.

Selain sektor usaha akomodasi perhotelan dan juga restaurant, sektor lainnya juga melengkapi kebutuhan anda selama liburan di Nyuh Kuning Village seperti jasalaundry, spa, layanan wisata tour, sewa sepeda motor dan sewa mobil. Jarak dari Denpasar sekitar 45 menit berkendara. Sejumlah objek wisata di Bali yang berada di kawasan Ubud bisa dijangkau dengan mudah seperti monkey forest, Bukit Campuhan, pasar dan puri Ubud, Pura Saraswati serta sejumlah museum seni lukis seperti museum Arma, Neka dan Antonio Blanco.