Rahasia Dibalik Batu Tonsil

Posted on

Rahasia Dibalik Batu Tonsil – Jika seseorang bertanya kepada Anda di mana batu bisa terbentuk di tubuh manusia, Anda mungkin memikirkan ginjalnya . Tapi, ginjal bukan satu-satunya tempat. The amandel adalah lokasi lain di mana keras, dan kadang-kadang, batu yang menyakitkan dapat berkembang pada orang-orang tertentu.

Rahasia Dibalik Batu Tonsil

Apa itu amandel ?

Amandel Anda adalah struktur seperti kelenjar di bagian belakang tenggorokan Anda. Anda memiliki satu terletak di saku di setiap sisinya. Tonsil terbuat dari jaringan yang mengandung limfosit – sel dalam tubuh Anda yang mencegah dan melawan infeksi dan obat amandel adalah solusi infeksi tersebut. Hal ini diyakini bahwa amandel berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan dimaksudkan untuk berfungsi seperti jaring, menjebak bakteri masuk dan partikel virus yang melewati tenggorokan Anda.

Apa Penyebab Batu Tonsil ?

Amandel Anda dipenuhi dengan sudut dan celah dimana bakteri dan bahan lainnya, termasuk sel mati dan lendir, bisa menjadi terjebak. Bila ini terjadi, puing-puing bisa terkonsentrasi pada formasi putih yang terjadi di kantong.

Batu nonsel, atau amandel , terbentuk saat puing-puing yang terjebak ini mengeras, atau mengkalsifikasi. Hal ini cenderung terjadi paling sering pada orang-orang yang mengalami peradangan kronis pada amandel mereka atau serangan tonsilitis berulang. Sementara banyak orang memiliki amandel kecil yang berkembang dalam amandelnya, cukup langka untuk memiliki batu amandel yang besar dan padat.

Apa Gejala Batu Tonsil?

Banyak batu amilil kecil tidak menimbulkan gejala yang nyata. Bahkan ketika mereka berukuran besar, beberapa batu amandel hanya ditemukan secara kebetulan pada sinar-X atau CT scan. Beberapa tonsilolit yang lebih besar, bagaimanapun, mungkin memiliki banyak gejala:

  • Bau mulut . Salah satu indikator utama batu amandel adalah bau mulut yang sangat buruk , atau halitosis, yang menyertai infeksi amandel. Satu studi pasien dengan bentuk tonsilitis kronis menggunakan tes khusus untuk mengetahui apakah senyawa sulfur yang mudah menguap terkandung dalam napas subjek. Kehadiran senyawa berbau busuk ini memberikan bukti bau mulut . Para peneliti menemukan bahwa 75% orang yang memiliki konsentrasi tinggi yang tidak normal dari senyawa ini juga memiliki batu amandel. Peneliti lain telah menyarankan agar batu amandel dipertimbangkan dalam situasi ketika penyebab bau mulut dipertanyakan.
  • Sakit tenggorokan . Bila batu amandel dan tonsilitis terjadi bersamaan, sulit untuk menentukan apakah rasa sakit di tenggorokan Anda disebabkan oleh infeksi atau batu amandel lagi-lagi obat amandel tradisional merupakan solusi paling di sarankan untuk anda. Kehadiran batu amandel itu sendiri, bisa menyebabkan Anda merasakan sakit atau ketidaknyamanan di daerah tempat ia bersarang.

Batu Tonsil Bisa Dicegah ?

Karena batu amandel lebih sering terjadi pada orang yang memiliki tonsilitis kronis, satu-satunya cara pasti untuk mencegahnya adalah dengan operasi pengangkatan amandel. Prosedur ini, yang dikenal sebagai tonsilektomi , menghilangkan jaringan amandel seluruhnya, sehingga menghilangkan kemungkinan pembentukan tonsillolith.

Tidak seperti ekstraksi batu tonsil, tonsilektomi biasanya dilakukan dengan anestesi umum. Pasien yang menjalani operasi mengalami kesulitan menelan dan sakit tenggorokan setidaknya selama beberapa hari setelah prosedur.