Manfaat Kopi Jahe bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Bagi anda penikmat kopi, berbagai kesempatan pasti tidak pernah ketinggalan yang namanya kopi. Menikmati roti goreng di pagi atau sore hari juga pastinya ditemani secanggir kopi panas. Atau sedang lembur tugas kampus atau kantor akan nikmat ditemani kopi lengkap dengan camilannya.

Tentunya jenis-jenis kopi juga sudah pernah dicoba dan dirasakan. Mulai dari kopi tubruk, instan, kopi hitam, atau yang lengkap dengan farian susu dan campuran lainnya. Dari yang dihidangkan menggunakan seduhan air panas sampai yang pakai es batu, tentunya sudah tidak asing lagi.

Tapi bagaimanakah jika kegemaran anda yang memiliki terhalang oleh masalah lambung? Pasti hal ini sangat menyebalkan. Ada alternatif lain untuk menikmati kopi, dengan cara menambahkan jahe di dalam gelas. Selain untuk mencegah rasa perih dalam perut, manfaat kopi jahe cukup membuat anda tertegun.

Besarnya manfaat kopi jahe bagi tubuh membuat pecintanya semakin sering mengkonsumsi kopi. Biji kopi sendiri mampu menambah energi secara fisik, meningkatkan suasana hati dan sangat ampuh mencegah stroke dan jantung. Memang benar bahwa kopi menimbulkan 2 penyakit mematikan ini kalau tanpa jahe.

Namun bagaimana dengan kopi jahe? Terbukti orang yang mengkonsumsi 2 sampai 3 cangkir kopi jahe setiap hari minim terkena jantung dan stoke. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah, karena pada jahe terdapat kandungan gingerol pada jahe merupakan salah satu antikoagulan yang menjadi pemecah gumpalan darah. Berikut artikel mengenai kopi hijau, baca dijual green coffee pelangsing.

Sedangkan pemicu utama jantung dan troke adalah penggumpalan darah dalam tubuh akibat gaya hidup buruk dan makanan yang tidak sehat. Selain mencegah stoke dan jantung, kopi jahe mampu mengobati penyakit lain seperti diabetes, mencegah penyakit yang berhubungan dengan syaraf, mencegah terkenanya kanker payudara dan prostat, melindungi dan bermanfaat bagi kulit wajah maupun tubuh, mengobati bau mulut dan gusi bengkak, serta mampu memecah batu.

Tidak hanya terbatas pada manfaat kopi jahe seperti sudah disebutkan di atas, kegunaan kopi jahe untuk kesehatan tubuh masih banyak lagi. Sebenarnya pemeran utamanya adalah jahe, dengan manfaat yang melimpah, yaitu :

  • Mengatasi migrain

Sakit kepala sebelah ini sangat menjengkelkan bagi penderitanya. Prostaglandin sebagai salah satu penyebab sakit kepada dapat dihentikan oleh jahe karena terdapat kandungan lipid, atsiri dan protease. Selain itu, jahe memiliki anti bakteri dan anti imflamasi yang mampu meredakan rasa sakit. Hal ini ditegaskan oleh penelitian Institut Biologi di Odense University Denmark pada tahun 1990.

  • Mengobati demam dan batuk

Batuk dan demam adalah salah satu penyakit yang mudah menyerang saat cuaca tidak mendukung. Minumlah kopi jahe untuk mengobati dan mencegah 2 penyakit flu ini, karena gingerol yang juga dapat melancarkan peredaran darah, juga mampu meredakan batuk dan demam. Ini akan lebih alami dari pada mengkonsumsi obat-obatan kimia.

  • Menetralkan perut kembung

Dengan mengkonsumsi jahe, masalah perut kembung bisa diatasi dengan mudah, selain itu iritasi usus juga bisa ditangani oleh tanaman bernama latin Zingiber Officinale ini.

  • Manfaat kopi jahe Sebagai anti alergi

Gatal akibat alergi menjadi momok bagi banyak orang. Bayangkan saja rasa gatal yang sangat memicu kita untuk menggaruknya bahkan di tempat umum, hal ini membuat penderita menjadi risih. Dengan memanfaatkan jahe yang dicampur kopi ditambah sedikit garam bisa meredakan rasa gatal akibat alergi

  • Menyembuhkan peradangan

Lagi-lagi kandungan gingerol pada jahe menjadi obat sangat ampuh untuk memulihkan peradangan karena memiliki manfaat anti inflamasi.

Sumber : Green Roses Meaning