Resep Memasak Tempe Bacem Jawa Asli Dengan Rasa Yang Lezat

Posted on

Di pulau Jawa, tempe menjadi makanan yang paling disukai oleh masyarakatnya.Banyak sekali kuliner lezat yang bisa dibuat dari tempe,  diantaranya adalah mendoang,oseng-oseng tempe, sate bahkan steak pun juga bisa.Dan salah satu olahan tempe yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat adalah Tempe Bacem Jawa Asli.

Resep Memasak Tempe Bacem Jawa Asli Dengan Rasa Yang Lezat
Resep Memasak Tempe Bacem Jawa Asli Dengan Rasa Yang Lezat

Masakan ini menonjolkan bumbu masakan berupa gula merah dan kecap manis yang dicampurkan pada kuahnya ketika dimasak. Rasanya semakin lezat jika dimasak sampai airnya meresap sempurna ke dalam daging tempenya.Namun,anda harus menggorengny kembali supaya lebih nikmat.

Mau tau bagaimana Resep Memasak Tempe Bacem Jawa Asli? Simak selengkapnya berikut ini.

Bahan untuk mengelola tempe:

-Siapkan air kelapa sebanyak 200 ml. Sebisa mungkin gunakan air kelapa yang tidak terlalu tua supaya tempe bacem memiliki rasa yang lebih gurih.

-Siapkan juga air bersih 100 ml dan didihkan

-Minyak Goreng sebanyak 100 ml.

Bumbu-Bumbu Untuk Membuat Tempe Bacem Jawa:

-1/2 sendok teh garam dapur

-Bawang Putih 1 Siung. Kupas kemudian haluskan

-Bawang Merah 2 buah. Kupas dab Haluskan

-Gula merah asli seukuran jempol orang dewasa.

-Asam Jawa, Daun Salam, Batang Serai, dan 1/2 sendok teh ketumbar halus. Rempah-rempah ini digunakan untuk menambah aroma tempe bacem

-Kecap Manis sebanyak 2 sdt.

Cara Memasak Tahu Bacem Jawa:

1.Potong tempe dengan ukuran 4×4 cm. Atau sesuai dengan selera anda.

2.Kemudian panaskan 3 sdm minyak goreng hingga terlihat berasap. Selanjutnya tumis semua bumbu yang sudah di haluskan sebelumnya. Khusus untuk lengkuas, asam, serai dan daun salam cukup dikeprok saja tanpa harus dihaluskan.

3.Setelah itu masukkan kecap manis sesuai dengan selera. Aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma harum dari bumbu dan kecapnya.

4.Jika bumbu sudah matang, masukkan air putih yang sudah mendidih. Tunggu selama beberapa menit sampai terlihat mendidih.

5.Selanjutnya masukkan tempe ke dalamnya. Masak hingga airnya tersisa sedikit supaya bumbunya dapat meresap secara sempurna.

6.Apabila airnya sudah berkurang, tambahkan air kelapa yang sudah disiapkan. Masak kembali sampai olahan tempe bacem berwarna merah dan airnya sudah menyusut banyak.

7.Sebaiknya tempe yang sudah di olah, digoreng kembali supaya rasanya jauh lebih lezat dan tidak basah.

Meskipun terlihat sederhana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memasak tempe bacem jawa. Yang pertama adalah takaran bahannya, anda harus bisa mengira-ngira seberapa banyak bumbu yang harus di tambahkan. Hal ini untuk menghindari masalah terlalu manis, terlalu asin dan sebagainya.

Untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna dalam resep tempe bacem jawa enak usahakan agar anda memilih gula jawa yang asli. Karena saat ini sudah banyak gula merah yang terbuat dari tebu bukannya gula aren. Selain itu, perhatikan juga apinya. Pastikan saat memasak tempe bacem jawa dalam keadaan sedang. Supaya airnya tak mudah habis, namun meresam ke tempe secara sempurna.