Teks Tanggapan Kritis Tentang Produk Makanan Dalam Kemasan

Posted on

Teks Tanggapan Kritis Tentang Produk Makanan Dalam Kemasan – Teks tanggapan kritis adalah sebuah teks yang didalamnya engandung sebuah sanggahan atau tanggapan seseorang tentang suatu hal. Teks tanggapan kritis sendiri merupakan salah satu teks dalam bahasa idonesia yang penggunaanya digunakan untuk menyanaggah sebuah pernyataan dalam bentuk teks. Didalam dunia pendidikan, teks sanggahan kritis sering kali ditemui di jenjang SMK dan SMA di semester ganjil sesuai dengan silabus dan kurikulu 2013 yang berlaku.

Teks Tanggapan Kritis

berbeda dengan teks-teks lainnya, teks jenis ini dibuat dengan  tujuan untuk mengkritisi suatu hal. Bahasa yang digunakan dalam teks tanggapan kritis juga terkesan lugas dan informatif. Teks ini umumnya dapat dengan muah kita temukan dalam acara debat maupun berita yang lebih merujuk pada tukar pikiran. Teks tanggapan ini berisi sebuah tanggapan yang diberikan seseorang untuk menanggapi pernyataan dari orang lain.

Didalam menyusun teks jenis ini kita harus memperhatikan beberapa faktor dan kaidah kaidah kebahasaan yang berlaku. Seperti menggunakan bahaya yang baku dan padat, menggunakan EYD dalam enulis naskah. Jika memberi masukan negatif berupa kritik harus diikuti oleh saran, dan sebagainya. Selain itu teks jenis ini dibuat tidak boleh bersifat dan bertujuan menjatuhkan seseorang dalam sebuah perdebatan atau percakapa.

Umumnya contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya dapat dengan mudah kita temukan pada acara berita berita yang notabennya memang tempat menyampaikan dan menyanggah informasi. Penggunaan eks ini dalam berita akan berbentuk seperti naskah bacaan pada umumnya yang akhirnya akan dibaca oleh sang presenter. Itulah pengertian, ciri, struktur dan contoh tentang teks sanggahan kritis yang dapat saya sampaikan. Untuk mendapatkan informasi teks teks lainnya silahkan bookmark laman diatas. Terimakasih banyak.