Penyebab amandel pada anak

Posted on

Penyebab amandel pada anak ,- Anak memiliki amandel yang selalu dimanfaatkan sebagai pencegah infeksi bakteri dan virus.

Berbeda dengan orang dewasa, sebab daya tahan tubuh orang dewasa sudah kuat sehingga tidak memerlukan organ amandel untuk cegah infeksi bakteri dari virus.

Anak-anak masih berkembang sistem kekebalan daya tahan tubuhnya, sehingga akan lebih mengandalkan organ amandel untuk cegah infeksi bakteri dan virus.

Penyebab amandel pada anak

Penyebab amandel pada anak

Amandel sendiri merupakan organ kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Fungsi dari amandel adalah untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri dan virus. Tetapi anak-anak lebih mudah terkena penyakit amandel sebab anak-anak sering mengandalkan amandel untuk cegah infeksi virus dan bakteri.

Apabila terkena penyakit amandel, maka akan terjadinya peradangan pada amandel dan membuat amandel membengkak. Hal tersebut akan membuat orang yang menderitanya mengalami demam tinggi, merasa pusing dan mual.

Selain itu, anak-anak yang terkena penyakit amandel akan sulit makan sebab anak-anak akan mengeluh sakit tenggorokan sehingga sulit untuk menelan makanan. Bahkan apabila amandel membengkak besar, bisa membuat anak kesulitan bernapas.

Penyebab amandel pada anak sendiri adalah infeksi bakteri dan virus, padahal tugas dari amandel adalah untuk mencegah infeksi virus dan bakteri. Hal ini terjadi karena ada beberapa kelompok bakteri dan virus tertentu yang bisa sebabkan anak terkena penyakit amandel.

Pada bakteri sendiri, penyebab anak terkena penyakit amandel adalah karena adanya infeksi yang disebabkan oleh sekelompok bakteri streptococcus.

Sedangkan pada infeksi virus yang menyebabkan anak terkena penyakit amandel adalah beberapa virus yang sebabkan anak terkena flu, pilek, demam, campak, cacar, dan diare. Apabila anak terkena masalah kesehatan seperti itu, maka amandel nya akan membengkak dan membesar.

Gejala yang akan ditimbulkan dari infeksi bakteri dan virus berbeda. Jika amandel yang diderita terjadi karena infeksi bakteri, maka gejala yang akan anak alami akan parah. Sedangkan penyakit amandel yang disebabkan oleh infeksi virus tidak parah dan masih bisa dibilang ringan.

Solusi amandel selain dengan mengkonsumsi obat amandel di apotik, Anda juga harus selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, jauhi anak dari asap rokok dan polusi udara, serta istirahat yang cukup dan banyak minum adalah cara agar terhindar dari penyakit amandel yang bisa menyerang anak.