Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Suction Pump

Posted on

Mungkin sedikit dari pembaca  yang pernah mendengar istilah Suction Pump. Istilah ini memang tidak familiar di telinga kita, namun tidak ada salahnya apabila kita mengenal dan mengetahui hanya sekedar untuk menambah wawasan kita. Suction Pump adalah salah satu contoh alat kesehatan yang dipakai di rumah sakit. Artikel ini akan menjelaskan secara global dan singkat mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja alat suction pump.

Suction Pump

Alat kesehatan memiliki jenis dan ragam yang banyak sekali. Secara singkat alat kesehatan diartikan sebagai apparatus, instrument, mesin atau implant yang berfungsi untuk mencegah, mendiagnosis dan meringankan penyakit, menyembuhkan penyakit dan merawat kesehatan pada manusia dan untuk memperbaiki struktur jaringan tubuh. Ketika kita sambungkan dengan fungsi suction pump, alat ini masuk dalam kategori alat untuk meringankan dan menyembuhkan penyakit serta memperbaiki struktur tubuh.

Ingin tahu lebih banyak mengenai suction pump? Silahkan lanjutkan membaca! Baiklah, untuk memperjelas pemahaman kita mari kita mulai untuk mengenal suction pump lebih dekat. Pertama kita bahas dahulu mengenai pengertian Suction Pump.

Pengertian Suction Pump

Suction Pump adalah sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh manusia dengan cara di sedot atau di hisap. Alat ini umumnya terdiri dari beberapa bagian diantaranya mesin, selang penyedot dan tabung. Suction Pump banyak dipakai di Klinik dan di Rumah Sakit untuk berbagai keperluan seperti saat proses operasi, untuk penanganan pasien gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh lendir dan banyak lainnya.

Suction Pump biasanya terdapat dua jenis. Portable dan juga jenis unit yang besar. Harga suction pump jenis portable lebih murah daripada alat suction pump jenis yang besar. Hal ini karena spesifikasi yang berbeda dari dua jenis suction pump ini. Toko yang jual suction pump portable biasanya juga menjual jenis suction jenis lainnya.

Fungsi Suction Pump

Sekilas telah kami sebutkan apa fungsi dari suction pump ini. Yang jelas fungsi alat ini adalah untuk membantu mengeluarkan cairan yang ada di dalam tubuh pasien yang tidak berfungsi, bahkan dapat membahayakan kesehatan pasien. Seperti cairan di dalam paru – paru, lendir di tenggorokan dan cairan yang ada di usus atau lambung.  Suction Pump juga digunakan saat proses operasi untuk menghisap cairan darah yang keluar. Juga pasca operasi terkadang masih mengeluarkan darah.

Prinsip dan Cara Kerja Suction Pump

Suction Pump ini bekerja dengan bantuan sebuah motor listrik satu tegangan yaitu 110 atau 220 volt, 145 rpm dan 50/60 Hz. Pada alat kesehatan ini terdapat 2 penghisap yaitu jenis centrifugal rptary dan membran. Untuk penghisap centrifugal rotary ini terdiri dari beberapa kipas dan dihubungkan dengan motor. Sedangkan untuk yang jenis membran ini terdiri dari stang kedudukan, karet membran, katup hisap, dan katup tekan.

Untuk mengontrol daya hisap yang dihasilkan suction pump dilengkapi dengan regulator. Jadi daya hisap bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan, misal untuk menghisap cairan yang kental maka kita setting daya hisapnya yang lebih besar sedangkan untuk cairan encer bisa kita setting sebaliknya.

Suction Pump 2 Tabung

Suction pump juga dilengkapi dengan botol vacum yang berguna untuk memberikan kevakuman udara ketika dioperasikan. Dalam hal botol vacum ini ada jenis suction yang hanya dilengkapi dengan satu botol vacum ada juga yang lebih dari satu.

Harga Suction Pump

Berapa harga alat Suction Pump menurut anda? Suction pump memang merupakan alat yang tidak dapat kita beli secara bebas karena ini termasuk alat kedokteran dan tidak sembarang orang bisa menggunakannya.  Harga suction pump  bermacam – macam tergantung dari jenis, model, merk dan spesifikasi yang ada di alat tersebut. Untuk mengetahui berapa pastinya harga suction pump ini anda bisa cek atau bertanya langsung ke distributor alat kesehatan terdekat di kota anda atau bisa juga secara online.

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja suction pump yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya. Sampai jumpa di lain kesempatan.