Jenis Olahraga untuk Penderitas Asam Urat

Posted on

Seringkali Anda menjadikan rasa sakit atau nyeri pada persendian akibat penyakit asam urat sebagai salah satu alasan agar Anda tidak melakukan olahraga. Padahal, menghindari olahraga hanya akan semakin memperparah penyakit asam urat yang Anda alami, karena akan membuat tubuh menjadi kehilangan fleksibelitasnya, melemahkan otot dan sendi serta mempercepat pengeropasan pada tulang.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2008, berhasil mengunggkapkan fakta bila pria yang secara rutin berlari sebanyak 5 mil setiap harinya akan menurunkan resiko terserang penyakit asam urat sebanyak 50% dibandingkan dengan pria yang jarang berolahraga atau sama sekali tidak berolahraga.
Artikel lainnya: obat asam urat de nature
Nah, yang menjadi pertanyaan selanjutnya, kira-kira jenis olahraga seperti apa yang disarankan untuk penderita asam urat ? Berikut adalah penjelasannya.

Jenis Olahraga untuk Penderita Asam Urat
Rentang Gerak Sendi
Latihan rentang gerak sendi dilakukan dengan cara memutar beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan, kaki dan kepala. Latihan rentang gerak sendi berfungsi untuk menjaga fleksibilitas dari sendi sehingga akan mengurangi rasa sakit pada saat penyakit asam urat kembali dirasakan.

Melatih Kekuatan Otot
Latihan kekuatan otot dilakukan dengan menggunakan berat tubuh yang Anda miliki, misal sit up, push up, dan lainnya. Latihan ini berfungsi untuk melatih serta menjaga kekuatan otot sehingga akan meringankan rasa sakit dan memperkuat tulang.

Latihan Kardiovaskular
Latihan kardiovaskular terbaik khus bagi Anda penderita asam urat adalah aerobic yang tidak memberikan tekanan berlebih pada otot dan sendi. Latihan karovaskular akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah serta menjaga berat badan.
Artikel lainnya: obat sipilis ampuh
Latihan Peregangan
Gerakan peregangan sering dilakukan sebelum dan sesudah Anda berolahraga yang berfungsi untuk mempersiapkan otot sebelum berolahraga serta melemaskan otot tubuh yang kaku setelah berolahraga.

Meskipun Anda disarankan untuk tetap berolahraga namun sebaiknya Anda tidak memilih olahraga yang terlalu berat karena hanya akan meningkatkan asam urat dalam darah. Selain itu, Anda tidak disarankan untuk berolahraga disaat penyakit asam urat sedang kambuh karena hal tersebut hanya akan semakin memperburuk kondisi otot dan sendi serta membuat Anda semakin merasa sakit.