Benarkah, Haid Bikin Nafsu Makan Menjadi Berlipat?

Posted on

Walaupun tanpa mencatat tanggal menstruasi, biasanya kami dengan mudah mengenal kapan waktu haid bakal datang. Indikatornya kami tak bisa berhenti makan.

Sebagian besar wanita terbukti mengalami kondisi yang sama: perut tak mudah kenyang sebab nafsu makan yang besar menjelang haid. Penyebab kondisi ini telah jelas, yakni perubahan hormonal.

Pada periode menstruasi, bakal terjadi perubahan hormon kortisol, serotonin, progesteron, serta kadar magnesium. Untuk lebih detilnya, ketahui perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh.

Kortisol
Lebih populer dengan sebutan hormon stres, tubuh kami bakal memproduksi lebih tak sedikit kortisol untuk menolong tubuh bersiap menghadapi efek menstruasi. Peningkatan kortisol juga membikin kami lebih ingin makan makanan manis.

Serotonin
Peningkatan kadar kortisol bakal menyebabkan penurunan serotonin, si hormon tersanjung. Sebab serotonin bertidak lebih di masa menstruasi, nafsu makan pun meningkat. Faktor itu terjadi sebab ada tak sedikit makanan yang bisa menggantikan perasaan enjoy yang biasanya dikontrol oleh serotonin.

Konsumsi karbohidrat biasanya bakal menambah level serotonin. Makin tak sedikit kami makan, perasaan bakal terus enjoy.

Progesteron
Menjelang serta selagi haid kadar hormon progesteron juga anjlok. Kondisi itu membikin gejala-gejala PMS muncul, salah satunya perasaan kecewa. Ini adalah argumen lain mengapa tubuh kami mengharapkan karbohidrat sebab bisa menambah level serotonin. Sekali lagi, makan bisa sehingga tutorial sementara mengembalikan mood.

Magnesium
Apakah Kamu sehingga ingin ngemil cokelat saat bakal haid? Nyatanya itu adalah respon normal tubuh sebab turunnya kadar magnesium. Cokelat terbukti tak sedikit mengandung magnesium.

Source: lipstik wardah matte