Sebelum Membuat Slip Gaji Karyawan, Perhatikan Bagian-Bagian Yang Harus Dicantumkan

Posted on

Slip gaji merupakan bukti otentik yang di keluarkan oleh sebuah perusahaan kepada karyawannya sebagai tanda resmi bahwa perusahaan tersebut telah melakukan kewajibannya. Bagi anda seorang pekerja, terutama pada perusahaan sudah menjadi hal wajib untuk di terima setiap bulannya untuk menerima slip gaji karyawan.
Jika anda akan membuat slip gaji bagi para karyawan anda, ada baiknya anda terlebih dahulu memperhatikan bagian slip gaji berikut ini. Hal ini di maksudkan supaya slip gaji karyawan yang di buat dapat di cantumkan secara jelas dan terperinci.

  • Nama perusahaan
    Bagian pembuatan slip gaji karyawan yang pertama yaitu anda harus mencantumkan nama perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menegaskan bahwa slip tersebut merupakan satu bagian dokumen perusahaan. Dengan begitu, orang luar yang membacanya dapat mengetahui perusahaan yang mengeluarkan slip gaji tersebut.
  • Kerahasiaan Gaji
    Setelah anda mencantumkan nama perusahaan, terdapat bagian pada pembuatan slip gaji karyawan yang bersifat rahasia. Kerahasiaan yang di maksudkan yaitu seperti di nyatakan dengan private dan confidential. Tujuannya yaitu menyatakan bahwa slip gaji karyawan ini merupakan dokumen rahasia yang seharusnya di ketahui oleh karyawan yang menerima saja, bukan untuk karyawan lainnya.
Sebelum Membuat Slip Gaji Karyawan, Perhatikan Bagian-Bagian Yang Harus Dicantumkan
Sebelum Membuat Slip Gaji Karyawan, Perhatikan Bagian-Bagian Yang Harus Dicantumkan
  • Penghasilan dan potongan
    Bagian yang tak kalah penting dari sebuah slip gaji karyawan yakni adanya bagian penghasilan dan potongan. Perhitungan gaji karyawan bisa berupa gaji pokok, insentif dan tunjangan. Sementara untuk potongan, terdiri dari iuran program jamsostek dan BPJS, saving plan hingga hutang karyawan.
  • Tanggal pembayaran, sudepartemen dan data karyawan
    Lebih jelasnya, pada bagian ini harus di cantumkan diterbitkannya slip gaji beserta subdepartmen dan data karyawan. Untuk data karyawan terdiri dari nama karyawan, badge number atau nomor pegawai dan iauran keanggotaan karyawan.
  • Detail Pembayaran
    Bagian terakhir ini terdiri dari detail penghasilan pembayaran gaji yang umumnya terdiri dari penghasilan tahun berjalan di potong pajak, jumlah pajak bulan yang bersangkutan hingga nama bank yang melakukan pembayaran.

Format slip gaji karyawan pada setiap perusahaan tentu berbeda satu dengan lainnya. Meskipun demikian, dengan melihat contoh slip gaji karyawan diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa inti dari pembuatan slip gaji untuk perusahaan anda.