Apa Saja PenyebabPayudara Kendur di Usia Muda ?

Posted on

Masa pubertas adalah masa kematangan sejumlah organ. Masa ini terjadi pada setiap fase baik pada laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi, keduanya memiliki ciri pubertas yang berbeda. Pada laki-laki masa pubertas masuk ketika seorang anak laki-laki mulai mengalami perkembangan dan pertumbuhan pada beberapa hal tertentu, seperti: tumbuhnya jakun, suara membesar, badan menjadi kekar sampai mengalami mimpi basah.

Sementara pada wanita biasanya ditandai dengan masuknya seorang anak perempuan pada masa menstruasi dimana diikuti dengan perubahan suara yang menjadi lebih halus, tumbuhnya payudara, dan pinggul yang membesar. Semua perubahan ini umumnya terjadi pada setiap orang.

Penyebab Payudara Kendur

Walaupun demikian bukan berarti seorang wanita yang memiliki ukuran pinggul dan payudara yang kecil belum mengalami masa pubertas atau pria yang tidak berbadan kekar belum melewati masa pubertas.

Sekalipun sudah masuk dan melewati masa pubertas pertumbuhan dan perubahan sejumlah organ tetap dipengaruhi oleh beberapa hal yang kita lakukan. Penyebab payudara kendur di usia muda, pada wanita yang memiliki payudara kecil biasanya dikarenakan gizi yang tidak seimbang sehingga payudara tidak berkembang dan tumbuh dengan baik begitu juga dengan pros yang kurang berolahraga sehingga hormon yang dihasilkan tidak bekerja secara maksimal. Sebab itulah banyak wanita yang sering mengelukan ukuran payudara tang tidak sesuai dengan keinginan.

Penyebab payudara kendur di usia muda dan cara menangani

Pada awal pertumbuhan payudara wanita akan tumbuh dengan kencang. Beberapa perubahan baru akan terjadi terutama setelah wanita memasuki masa kehamilan sampai masa menyusui. Namun beberapa penyebab payudara kendur di usia muda juga ikut berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan payudara. Hal-hal tersebut adalah.

  1. Kurang berolahraga. Pertumbuhan payudara juga dipengaruhi oleh hormon yang diproduksi oleh tubuh. Dengan berolahraga, tidak harus olahraga berat olahraga ringan saja akan sangat membantu wanita mempertahankan bentuk dan kekencangan payudara termasuk juga faktor penggunaan bra setiap harinya. Bra dengan kawat akan membantu mempertahankan bentuk dan kekencangan payudara. Dan akan lebih baik jika digunakan ketika beraktivitas saja. pada saat tidur akan lebih baik untuk melepas bra atau menggunakan bra yang longgar.
  2. Masa menyusui dan juga hamil. Pada masa kehamilan produksi hormon seringkali naik turun dan tidak pasti.  Apalagi pada masa menyusui akan sangat berpengaruh secara langsung. Sebab itulah selain pemilihan bra menyusui yang tepat ibu muda yang sudah masuk ke masa menyusui di usia muda harus menjaga asupan gizi. Daun katuk merupakan bahan alami yang membantu memproduksi air susu dan membantu mengencangkan payudara yang kendur, simak uraian tentang cara mengembalikan payudara yang kendur setelah menyusui
  3. Bukan hal baru pada kita banyak sekali remaja perempuan yang sudah merokok pada usia sekolah menengah pertama. Tanpa diketahui dan disadari sebenarnya merokok ini dapat menyebabkan payudara mengendur. Sebab itulah, berhenti merokok adalah cara terbaik menanganinya. Lagipula dengan berhenti merokok anda juga dapat menjamin kesehatan organ lainnya juga.

Besar kecil dan kencang atau tidaknya payudara memang sangat dipengaruhi banyak hal sejak kita memasuki masa pubertas. Penyebab payudara kendur di usia muda dapat anda tangani dengan beberapa cara sederhana sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Selain menjaga kekencangan payudara beberapa hal yang anda lakukan juga dapat berpengaruh positif pada kesehatan lainnya. Sama halnya dengan anda berhenti merokok dan menggunakan bra yang sesuai. Anda bisa menghindari resiko terkena kanker payudara.