Makalah Kebugaran Jasmani – Pengertian, Tujuan, Komponen

Posted on

Setiap orang di dunia ini pasti menginginkan hidup sehat. Seperti yang banyak orang katakan, tidak ada gunanya memiliki banyak uang kalau tidak memiliki tubuh yang sehat. Oleh karena itu hidup sehat menjadi prioritas utama dalam hidup.

Walaupun begitu, bukan berarti kebugaran jasmani tersebut mudah didapatkan.

Mungkin di antara kalian semua masih banyak yang kurang pasti akan arti kebugaran jasmani.

Pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas tanpa membebani tubuh secara berlebihan. Hal tersebut dapat dilakukan karena orang tersebut masih memiliki tenaga cadangan dan masih bersemangat untuk terus beraktivitas.

Makalah kebugaran jasmani ini akan memberikan pembahasan dari segi pengertian dan tujuan.

Tujuan Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani
Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pola hidup, aktivitas harian, makanan yang di asup, dan pola istirahat. Berikut adalah beberapa tujuan kebugaran jasmani.

  • Meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, dan fungsi jantung.

  • Meningkatnya komponen kelentukan, stamina, dan kecepatan.

  • Mempercepat pemulihan fungsi organ tubuh setelah berlatih atau bahkan pada sebagian kondisi tertentu, misalnya ibu hamil, orang tua, dan pemulihan setelah sakit.

  • Untuk olahragawan, derajat kebugaran jasmani yang tinggi berfungsi untuk meningkatkan prestasi.

  • Merangsang perkembangan dan pertumbuhan untuk balita serta anak-anak.

Komponen Kebugaran Jasmani

Komponen kebugaran jasmani adalah semua aktivitas yang menjadi satu kesatuan dan memiliki pengaruh atas kondisi tubuh. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kondisi fisik.

Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kebugaran jasmani:

  1. Latihan Kekuatan

Contoh-contoh latihan kekuatan yang dapat dilakukan adalah push up, sit up, pull up, dan lain lain. Umumnya adalah aktivitas yang memerlukan tenaga dan dapat membentuk otot.

  1. Latihan Kecepatan

Contoh-contoh latihan kecepatan adalah lari 100 meter, sprint 100 meter, lari bolak balik. Latihan-latihan tersebut dapat mempengaruhi kecepatan tubuh.

  1. Latihan Ketahanan

Latihan ketahanan berhubungan dengan stamina tubuh. Latihan-latihan yang dapat dilakukan adalah berlari jarak jauh, jogging, renang jarak jauh, dan lain-lain.

  1. Latihan Kelenturan

Kelenturan atau flexibility dapat dilatih dengan melakukan senam atau yoga. Latihan tersebut dilakukan agar tubuh dapat lebih lentur dalam beraktivitas.